Show simple item record

dc.contributor.authorWICAKSANA, Fitrady
dc.date.accessioned2023-12-13T21:50:48Z
dc.date.available2023-12-13T21:50:48Z
dc.date.issued2023-06-05
dc.identifier.nim190210303045en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119129
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 14 Desember 2023en_US
dc.description.abstractSetiap individu memiliki keinginan untuk meningkatkan potensi dan kualitas diri yang dapat dicapai melalui proses pendidikan. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kreatifitas berpikir siswa bisa dengan dilakukan pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning. Kegiatan pembelajaran dengan memberikan permasalahan pada siswa tentunya dapat mendorong siswa dalam memberikan solusi atau keterampilan dalam memecahkan masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa SMA. Terdapat 4 indikator keterampilan pemecahan masalah yakni memahami masalah, menentukan metode untuk menyelesaikan masalah, menyelesaikan masalah, dan pengecekan kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan dua kelas, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Jember. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menujukkan terdapat satu indikator paling berpengaruh yakni indikator menyelesaikan masalah dengan skor tertinggi mencapai 90 dan persentase ketercapaian 80%. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran geografi SMA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectKETRAMPILAN PEMECAHAN MASALAHen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Muhammad Asyroful Mujib, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_nopember_2023_3en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record