• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Sparkol Videoscribe dengan Model ASSURE untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri Rambipuji Jember

    Thumbnail
    View/Open
    170210302027-JUNIAR EKA KUMALA SARI (REPOSITORY).pdf (3.223Mb)
    Date
    2023-04-05
    Author
    SARI, Juniar Eka Kumala
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Terkait dengan pembelajaran di era revolusi industri era 4.0 pendidik dituntut memiliki keahlian kreativitas dalam mengembangkan metode dan media pembelajaran. Inovasi yang dikembangkan dapat memanfaatkan teknologi bergantung dengan kreativitas yang dimiliki pendidik. Pengembang telah melakukan analisis kebutuhan pada kelas X IPS 2 di SMA Negeri Rambipuji Jember dan mendaptkan data sebagai berikut: (1) penggunaan media pembelajaran sejarah yang digunakan untuk menyampaikan materi tidak dapat meninggatkan tingkat motivasi peserta didik peserta didik, (2) peserta didik belum mencapai standart KKM mata pelajaran sejarah tanpa remidial setiap ujian berlangsung, (3) pendidik kurang memanfaatkan berbagai macam media pembelajaran yang dapat meningkatkan pembelajaran yang efektif dan inovatif. Berdasarkan permasalahan tersebut rumusan masalah pada penelitian pengembangan ini adalah: (1) Bagaimana pengamatan yang dilakukan validasi ahli terkait pengembangan media pembelajaran video sparkol Videoscribe dalam pembelajaran sejarah? (2) Bagaimana efektivitas media video sparkol videoscribe dalam meningkatkan motivasi peserta didik kelas X SMA pada mata pelajaran sejarah setelah pengaplikasian media pembelajaran Sparkol Videscribe dengan model ASSURE?. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta (2) Menghasilkan media pembelajaran sprarkol videoscribe yang sudah teruji oleh para ahli (3) Menghasilkan media pembelajaran sparkol videoscribe yang bermanfaat sebagai media pembelajaran bagi peserta didik maupun tenaga pendidik. Model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE, model ASSURE terdiri dari enam tahap pengembangan, diantaranya; 1) Analyze Learners Characteristic, 2) State Objective, 3) Select methods, media, and materials, 4) Untilize media and materials, 5) Requires learner participation, 6) Evaluate and revise. Proses penelitian akan mengikuti Langkah-langkah pada model pengembangan ASSURE. Instrument yang digunakan untuk pengambilan data berupa angket dan wawancara yang dilakukan sebagai metode pengambilan data dalam penelitian ini. Hasil penilaian rata-rata validasi ahli bahasa, materi dan media sebagai berikut: (1) nilai rata-rata sebesar 4,7 dengan kategori kelayakan produk outstanding, (2) nilai rata-rata sebesar 4,5 dideskripsikan sebagai above average, (3) nilai-rata-rata 4,7 dengan kategori kelayakan produk outstanding. Hasil uji pengguna yang dilakukan pendidik menghasilkan nilai rata-rata sebesar 4,4 dengan kategori kelayakan produk above average. Hasil uji coba pengguna kelompok kecil menunjukkan tingkat efektivitas penerapan media pembelajaran sparkol videoscribe sebesar 95% dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan tergolong dalam kategori “Large Effect”. Sedangkan uji coba pengguna pada kelompok besar menunjukkan nilai efektivitas sebesar 94% dan tergolong dalam kateogori “Large Effect”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Media pembelajaran yang dikembangkan yaitu separkol videoscribe telah tervalidasi oleh ahli dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran sejarah dengan materi kerajaan islam di Pulau Sumatera untuk kelas X SMA, (2) Sparkol videoscribe terbukti dapat meningkatkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah dalam materi kerajaan islam di pulau Sumatera termasuk bagian dalam kompetensi dasar mata pelajaran sejarah Indonesia.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119116
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository