Show simple item record

dc.contributor.authorDzurratul Wasi’ah Nur Laili Haqiki
dc.date.accessioned2013-12-24T02:31:14Z
dc.date.available2013-12-24T02:31:14Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101070
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11910
dc.description.abstractPengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dinyatakan baik apabila hasil analisis masing-masing perangkat pembelajaran dapat dikategorikan baik. Perangkat pembelajaran dinyatakan baik apabila telah memenuhi kriteria valid yaitu apabila interprestasi besarnya koefisien validitas minimal berkategori tinggi yaitu lebih dari 0,60, praktis apabila persentase tingkat pencapaian kemampuan guru mengelola pembelajaran lebih dari 65% dan efektif jika persentase setiap jenis aktivitas siswa adalah 10% - 20% kecuali jenis aktivitas yang tidak relevan dengan pembelajaran adalah 0% - 5%, banyaknya siswa yang memberikan respon positif lebih dari 80% dari jumlah subjek yang diuji coba, dan ketuntasan hasil belajar minimal 80% siswa yang mengikuti pembelajaran mampu mampu mencapai minimal skor 60. Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan disajikan pada tabel berikut: Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan Kriteria Keterangan Kevalidan Koefisien validitas RPP, buku siswa, LKS, dan tes hasil belajar adalah 0,96; 0,93; 0,96; dan 0,95. Kepraktisan Persentase aktifitas guru sebesar pada pertemuan I dan II adalah 86,1%; 91,7% Keefektifan 89% siswa mendapat skor lebih dari 60, persentase aktifitas siswa sebesar 19,3%; 16,7%; 19,8%; 12,0%; 17,2%; 12,0%; 3,1% berturut-turut untuk aktivitas 1 sampai 7, dan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif. Adapun jenis aktivitas yang diamati dalam penelitian ini adalah : 1 = Mendengarkan penjelasan guru/teman 2 = Bertanya/mengemukakan pendapat kepada guru/teman 3 = Partisipasi dalam mengerjakan LKS yang diberikan 4 = Melakukan kegiatan bertamu/menerima tamu dari kelompok lain 5 = Berpartisipasi dalam diskusi kelas 6 = Menyimpulkan materi yang telah didapat 7 = Aktivitas lain yang tidak relevan dengan pembelajaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101070;
dc.subjectMatematika, Realistic Mathematics Education, Two Stay Two Strayen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN SETTING KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL KELAS VIIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record