• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Go-Jek Versi Kamu: Kunti (Kajian Hiperealitas dalam Iklan Gojek)

    Thumbnail
    View/Open
    Layyinatuzzahrah Saniyah - 190110401040.pdf (732.0Kb)
    Date
    2023-06-27
    Author
    SANIYAH, Layyinatuzzahrah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Banyak media yang bisa menjadi tempat untuk membagikan iklan, mulai dari media cetak dan media non cetak. Pada zaman modern ini banyak ide-ide iklan kreatif yang disampaikan salah satunya iklan jasa Gojek. Gojek adalah salah satu perusahaan teknologi yang menawarkan jasa angkutan melalui ojek online. Iklan Gojek yang berjudul GO-JEK Versi Kamu: Kunti adalah salah satu iklan yang menggambarkan kuntilanak sebagai pengguna Gojek. Berdasarkan isi iklan ini, terdapat hiperealitas dimana pengguna Gojek pada umumnya yakni manusia digantikan oleh kuntilanak. Metode yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan analisis tekstual secara interpretatif. karena objek materialnya adalah iklan yang merupakan teks visual. Objek material pada penelitian ini adalah iklan GO-JEK Versi Kamu: Kunti dan objek formal berupa teori hiperealitas Baudrillard. Sumber data yang digunakan yakni sumber data primer ialah iklan GO-JEK Versi Kamu: Kunti yang diakses dari YouTube sedangkan data sekundernya berupa artikel, berita, dan komentar pada kanal youtube maupun media sosial lain yang berkaitan dengan iklan. Hasil dari penelitian ini adalah penggambaran kuntilanak dalam iklan GOJEK Versi Kamu: Kunti. Iklan ini menawarkan realitas palsu yang diluar kenyataan, akan tetapi penonton iklan ini menerima pesan ternyata kuntilanak juga memakai aplikasi Gojek. Mise en scène dalam iklan ini merupakan simulacra yang berarti citra material tanpa memiliki subtansi, hanya citra (gambaran) yang kurang menunjukkan sesuatu yang nyata. Kemudian membentuk simulasi realitas kuntilanak dalam iklan ini. Tujuan membentuk hiperealitas dalam iklan ini adalah membangkitkan hasrat untuk mengkonsumsi jasa Gojek dengan sosok kuntilanak yang dekat dengan masyarakat Indonesia dan beredarnya cerita-cerita tukang ojek yang membonceng kuntilanak.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118891
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository