Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Lutfi Sari
dc.date.accessioned2013-12-24T02:21:15Z
dc.date.available2013-12-24T02:21:15Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210101097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11884
dc.description.abstractPerkembangan IPTEK yang semakin pesat membawa dampak pada pengembangan pembelajaran di bidang pendidikan, khususnya mata pelajaran matematika yang relatif kurang disukai siswa. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk LKS bilingual dengan pendekatan keterampilan proses dasar pada pokok bahasan segiempat siswa kelas VII dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Pengembangan LKS dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu : Pendefinisian (define), Perancangan (design), dan Pengembangan (development) dan Penyebaran (disseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Jember kelas VII H dan siswa SMP Negeri 1 Bondowoso kelas VII F. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika bilingual dengan pendekatan keterampilan proses dasar (basic skliis) siswa kelas VII yang memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan . Dari penilaian yang diberikan validator diperoleh nilai tingkat kevalidan 0,94 atau yang berarti pada kualifikasi sangat tinggi. Persentase angket respon siswa mencapai 75,46% dan 79,22% sedangkan respon guru mencapai 87,5% dan 86,11%. Berdasarkan analisis data maka persentase tersebut mempunyai kualifikasi tinggi. Persentase respon siswa dan guru tersebut digunakan untuk mengukur tingkat kepraktisan LKS tersebut, dan didapatkan tingkat kepraktisan LKS adalah 78,03%. Karena tingkat kevalidan dan ix kepraktisan mempunyai perbedaan kualifikasi yaitu sangat tinggi dan tinggi maka yang digunakan adalah nilai yang terendah atau kualifikasi tinggi. Dengan demikian LKS bilingual dengan pendekatan keterampilan proses dasar (basic skills) memenuhi kriteria kevalidan dan kepraktisan dengan kualifikasi tinggi serta siap digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran matematika bilingual sebagai alternatif pembelajaran matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210101097;
dc.subjectLEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BILINGUAL DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR (BASIC SKILLS)en_US
dc.titlePENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BILINGUAL DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DASAR (BASIC SKILLS) PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT SISWA KELAS VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record