• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Game Edukasi "Snake Solo Math" Berbasis Android Berbantuan Software Unity Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Topik Pola Bilangan

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI MOCHAMAD FIQRI HAIKAL 180210101109 (REPO).pdf (1.115Mb)
    Date
    2023-11-17
    Author
    HAIKAL, Mochamad Fiqri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi berbasis Android menggunakan software Unity yang menarik dan interaktif, untuk menghindari rasa bosan siswa selama pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses belajar. Observasi di SMP Muhammadiyah 1 Jember menunjukkan bahwa siswa cenderung pasif dalam pembelajaran, menyebabkan hasil ulangan harian menurun terutama pada materi pola bilangan. Dengan mengembangkan game edukasi yang menarik, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam memecahkan masalah matematika pada topik pola bilangan. Pengembangan game edukasi mengikuti model pengembangan 4D oleh Thiagarajan, yang terdiri dari empat tahap: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Game edukasi yang dikembangkan harus memenuhi syarat kelayakan yaitu valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata dari 3 validator adalah 3,69 dan termasuk ke dalam kategori valid. Tingkat kepraktisan video pembelajaran adalah 96% berdasarkan respon angket pengguna dengan kategori sangat baik dan keefektifan ditentukan berdasarkan presentase skor N-Gain dengan skor rata-rata pre-test 52, post-test 96 dan skor N-Gain sebesar 92% pada indikator C1. Indikator C2 memperoleh skor pre-test 25, post-test 88 dan skor N-Gain 83%. Indikator C3 dengan rata-rata pre-test 42 dan post-test 90 dengan skor N-Gain 83%. Indikator C4 dengan rata-rata pre-test 33 dan post-test 80 dengan skor N-Gain 78%. Semua indikator telah memenuhi kriteria efektif dengan skor N-Gain > 79%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118848
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15587]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository