Upaya Mengurangi Kecanduan Gadget Bagi Anak dan Remaja Melalui Psikoedukasi Keluarga di Wilayah Perkebunan
Abstract
Penggunaan gadget di era revolusi industri 4.0 ini menjadi sebuah kebutuhan, akan tetapi yang tidak kita
sadari adalah anak - anak yang belum mampu mempertimbangkan penggunaan gadget tersebut secara wajar
sehingga penggunaan gadget menjadi overload yang bisa menimbulkan kecanduan atau Screen
Dependency Dissorders yang dapat menimbulkan dampak buruk baik fisik, mental dan sosial. Tujuan
pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan pemahaman dan peningkatan pengetahuan tentang
penggunaan gadget yang benar melalui psikoedukasi dalam upaya pencegahan kecanduan gadget pada anak
dan remaja di wilayah perkebunan. Metode pengabdian kepada masyarakat ini adalah ceramah, diskusi dan
tanya jawab sesuai dengan prosedur operasional standar psikoedukasi, menggunakan media X-banner,
leaflet dan banner. Media audio seperti microphone dan set pengeras suara ditambahkan dalam pelaksanaan
pengabdian ini. Tahapan pengabdian ini ini dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap
evaluasi. Tahap persiapan dimulai dengan survey lokasi setelah mendapatkan surat permintaan dari mitra
dalam hal ini Desa Wonokitri Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Tahap Pelaksanaan yaitu dengan
melakukan psikoedukasi kepada keluarga dan dilanjutkan tahap evaluasi dengan memberikan beberapa
pertanyaan terkait materi edukasi yang telah diberikan. Hasil pelaksanaan psikoedukasi menggambarkan
masyarakat di wilayah perkebunan memahami pentingnya mengelola penggunaan gadget bagi anak dan
remaja supaya tidak terjadi adiksi pada penggunaannya.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]