• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Adversity Quotient

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Watermark_Nur Riska Maulidiana_190210101098.pdf (1.975Mb)
    Date
    2023-10-20
    Author
    MAULIDIANA, Nur Riska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah sehari-hari menggunakan konsep matematika, sehingga kemampuan pemecahan masalah adalah inti dari proses literasi matematika. Kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh daya juang seseorang dalam menghadapi kesulitan yang disebut dengan adversity quotient (AQ). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada konten change and relationship ditinjau dari AQ. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 siswa SMP Bhakti Pertiwi Kabupaten Probolinggo yang dipilih berdasarkan skor AQ, yaitu 2 siswa dengan skor AQ tertinggi pada masing-masing tingkatan AQ yaitu climber, camper, dan quitter. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes menggunakan instrumen soal PISA menggunakan instrumen soal PISA pada konten change and relationship dan metode wawancara menggunakan instrumen pedoman wawancara. Keabsahan data diuji dengan menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa climber minimal dapat mencapai level 3 dengan karakteristik siswa masih berusaha mengerjakan soal maksimal 2 level di atas level minimal yang dapat dicapai. Kemampuan literasi matematika siswa camper minimal dapat mencapai level 3 dengan karakteristik siswa masih berusaha mengerjakan soal maksimal 1 level di atas level minimal yang dapat dicapai, dan kemampuan literasi matematika siswa quitter minimal dapat mencapai level 1 dengan karakteristik siswa masih berusaha mengerjakan soal maksimal 1 level di atas level minimal yang dapat dicapai. Guru disarankan untuk dapat memfasilitasi siswa dengan memberikan stimulan atau menggunakan pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengakses soal-soal level yang lebih tinggi, sehingga siswa dapat terdorong untuk lebih berusaha mengerjakan soal-soal pada level yang lebih tinggi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118708
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository