dc.description.abstract | Perkembangan industri MICE (meeting, incentive, convention, and
exhibition) di Indonesia sangat berkembang pesat dan memiliki potensi besar dalam
pengembangan industri pariwisata. Salah satunya yakni jenis event incentive atau
perjalanan insentif. pada event ini merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan
oleh beberapa perusahaan sebagai bentuk apresiasi untuk memberikan reward
berupa perjalanan wisata. Selama kegiatan tersebut adapun dinner yang dikemas
dengan penyampaian program kerja serta dipergunakan sebagai dinner dengan
mendatangkan motivator untuk memberikan motivasi kepada para peserta
perjalanan insentif dan juga game untuk dijadikan semangat dalam bekerja kembali
setelah sepulang dari kegiatan perjalanan insentif ini.
Pada pelaksanaan event perjalanan insentif even t organizer tidak akan bisa
berjalan sendiri tanpa adanya bantuan dari pihak stakeholders yang tergabung dan
membantu selama event ini berjalan. Adapun pihak stakeholders yang berkaitan
dengan event incentive ini yakni hotel, obyek wisata, akomodasi, tempat oleh-oleh,
tempat makan, serta pihak entertainment yang terdiri dari MC, penari, band, dan
motivator.
Pada laporan praktik kerja nyata ini penulis menggunakan metode deskriptif
kualitatif dengan menjelaskan data yang diperoleh dari observasi selama praktik
kerja nyata yang berlangsung di GM Production Indonesia yang terlerak di
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 9 Januari – 9 Juni 2023,
dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, studi pustaka,
wawancara, serta dokumentasi.
Pada dasarnya dalam pelaksanaan perjalanan insentif GM Production Indonesia
telah menerapkan mekanisme pengelolaan yaitu: menerima informasi dari marketing,
survey dan bertemu dengan stakeholders membuat konsep kegiatan, meeting penyampaian
proposal, presentasi, negosiasi, dealing menyusun budgeting, follow up dengan
stakeholders, pelaksanaan, reporting, dan evaluasi. Selain itu adapun mekanaisme
pelaksanaan perjalanan insentif yang melibatkan stakeholders antara lain: follow up,
survey, penentuan budget, dealing, kemudian pelaksanaan. | en_US |