Pengaruh Kualitas Produk Halal, Kualitas Pelayanan, dan Religiusitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasusu di Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis kualitas produk
halal, kualitas pelayanan, dan religiusitas secara parsial terhadap kepuasan dan
loyalitas pelanggan di El Marom Store Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan
Ampel Jember. Penelitian ini berjenis explanatory research dengan accidental
sampling sebagai teknik sampelnya. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
muslim dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan dan sampel dalam penelitian
ini berjumlah 102 sampel. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data kuantitatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang disebarkan melalui
google forms dan data sekunter diperoleh melalui berbagai sumber seperti buku,
jurnal dan lain sebagainya. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan
Path Analysis dengan aplikasi IBM SPSS Statistics.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas produk halal, kualitas
pelayanan, dan religiusitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan di El Marom Store Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel
Jember. Sedangkan kualitas produk halal, kualitas pelayanan, dan religiusitas secara
parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di El Marom
Store Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel Jember. Kepuasan pelanggan
memberikan pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di El Marom Store
Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel Jember. Kualitas produk halal,
kualitas pelayanan, dan religiusitas secara tidak langsung memberikan pengaruh
terhadap loyalitas dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi di El
Marom Store Pondok Pesantren Raden Rahmat Sunan Ampel Jember.