Show simple item record

dc.contributor.authorFIBRIANSARI, Rizeki Dwi
dc.contributor.authorMULYANTORO, Adi
dc.date.accessioned2023-10-24T08:49:56Z
dc.date.available2023-10-24T08:49:56Z
dc.date.issued2023-08-25
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118470
dc.description.abstractPasien pra operasi mengalami kecemasan terkait dengan operasi yang akan dijalaninya. Kecemasan dapat mempengaruhi hasil operasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan pasien pra operasi adalah akses informasi dan pengalaman pertama pasien menjalani operasi. Peran perawat edukator berkaitan dengan memberikan informasi kepada pasien tentang tindakan yang akan dilakukan pasien. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peran perawat edukator dengan tingkat kecemasan pasien pra operasi di RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional pada 33 responden diperoleh dengan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi peran perawat edukator dan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara peran perawat edukator dengan tingkat kecemasan (p value = 0,004; r = -0,617). Kesimpulan: Terdapat korelasi sedang dan negatif yang artinya semakin tinggi peran perawat edukator maka semakin rendah tingkat kecemasan pasien. Oleh karena itu pemberian edukasi kepada pasien dapat menurunkan tingkat kecemasan pra operasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJURNAL PIKes Penelitian Ilmu Kesehatanen_US
dc.subjectEdukatoren_US
dc.subjectKecemasanen_US
dc.subjectPerawaten_US
dc.titleThe Role of Nurse Educators in Reducing Anxiety in Pre-Surgery Patientsen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record