Kinerja Pendamping PKH Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus pada Pendamping Berlatar Belakang Kesejahteraan Sosial dan Non Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini dilatari oleh sisi menariknya, yakni mengkaji kinerja pendamping PKH berdasarkan latar belakang pendidikan, dan memiliki sisi mendesaknya pada perlunya meminjam perspektif kinerja untuk meninjau realitas pekerjaan dan pelayanan social khususnya pada kinerja pendamping PKH, serta memiliki sisi keunikan pada lokasi penelitian di Kabupaten Jember. Pertanyaan penelitian yang dihadirkan pada penelitian ini berkisar pada kinerja pendamping PKH serta upaya antisiatif apa yang diambil pendamping dalam menatasi hambatan. Penelitian ini sampai pada temuan bahwa pendamping berlatar pendidikan kesejahteraan social, meski jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan pendamping berlatar belakang pendidikan non-kesejahteraan sosial, memiliki kecenderungan berkinerja lebih optimal, luwes, dan berpengelolaan lebih baik. Upaya antisipasi pendamping berlatar belakang pendidikan kesejahteraan social cenderung lebih antisipatif terutama direfleksikan pada kemampuan komunikatif sebagai aktualisasi dari softskills secara interpersonal. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif. Teknik penentuan informan dan lokasi penelitian adalah purposive. Teknik pengumpulan data diantaranya observassi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa kinerja pendamping berlatar belakang pendidikan kesejahteraan sosial lebih baik ketimbang pendamping yang berlatar belakang pendidikan non-kesejahteraan sosial, dan upaya antisipasinya lebih solutif pendamping berlatar belakang pendidikan kesejahteran sosial.