Show simple item record

dc.contributor.authorPUTRI, Maya Iskina
dc.date.accessioned2023-10-23T08:28:53Z
dc.date.available2023-10-23T08:28:53Z
dc.date.issued2023-07-10
dc.identifier.nim180210402060en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118415
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 23 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractMenulis merupakan kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis dikatakan penting karena dengan menulis dapat menjadi penemu atau pemecah masalah bukan sekadar menjadi penyadap informasi dari orang lain. Melalui menulis seseorang mampu mengenali potensi yang dimilikinya. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di sekolah adalah menulis teks deskripsi. Menulis teks deskripsi di tingkat SMP diajarkan pada siswa kelas VII Semester I dengan Kompetensi Dasar (KD) 4.2 yang berbunyi “Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan suasana pentas seni daerah) secara tulis dan lisan dengan memperhatikan struktur, kebahasaan secara lisan dan tulis”. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan siswa dalam menjelaskan objek pada teks deskripsi, (2) bagaimana kemampuan siswa dalam membangun struktur teks deskripsi, (3) bagaiamana kemampuan siswa dalam penggunaan bahasa pada teks deskripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa hasil uji kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong yang teridiri dari satu kelas yang berjumlah 35 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya berupa; lembar soal siswa, tabel kriteria penilaian siswa, dan tabel penilaian hasil belajar siswa. Prosedur penelitian terdiri dari atas tiga tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian sebagai berikut. Kemampuan dalam menjelaskan objek rata-rata keseluruhan 87,71. Sebanyak 28 orang mendapatkan skor kemampuan kategari sangat mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, 2 orang mendapatkan skor kategroi kurang mampu, dan 1 orang mendapatkan kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong dalam membangun struktur masuk dalam kategori mampu dengan rata-rata keseluruhan 84,11. Sebanyak 15 orang mendapatkan skor kemampuan kategori sangat mampu, 16 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, 4 orang mendapatkan skor kemampuan kategori kurang mampu, dan tidak ada yang mendapatkan skor kemampuan kategori tidak mampu. Kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencong pada aspek penggunaan bahasa masuk ke dalam kategori mampu dengan rata-rata keseluaruhan 80,8. Sebanyak 7 orang mendapatkan skor kemampuan kategori sangat mampu, 25 orang mendapatkan skor kemampuan kategori mampu, dan 3 orang mendapatkan skor kemampuan kategori tidak mampu. Berdasarkan hasil pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis teks deskripsi dipengaruhi oleh aktivitas siswa pada saat pembelajaran memproduksi teks deskripsi. Oleh karena itu, rata-rata kemampuan siswa keseluruhan mendapatkan kategori mampu. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini bagi Bagi guru Bahasa Indonesia sebaiknya guru lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi pada aspek penggunaan bahasa serta guru seharusnya melakukan perbaikan pada teks deskripsi siswa. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya penelitian yang dilakukan selanjutnya ialah meneliti mengenai kata, ejaan, dan kalimat karena masih ditemukan banyak kesalahan yang dibuat oleh siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama: Dr. Arju Mutiah, M.Pd., Dosen Pembimbing Anggota: Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pd.,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Menulis Teks Deskripsien_US
dc.subjectSiswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencongen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.titleKemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Kencongen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Muti'ah, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bambang Edi Pornomo, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 21 Agustus 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record