Show simple item record

dc.contributor.authorMAULIDINA, Izza Fauziah
dc.date.accessioned2023-10-19T23:40:49Z
dc.date.available2023-10-19T23:40:49Z
dc.date.issued2023-01-19
dc.identifier.nim190210104074en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118377
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl. 20 Oktober 2023en_US
dc.description.abstractPembelajaran yang memiliki karakteristik sangat kompleks dan mengarahkan siswa berpikir kritis dalam melakukan analisis terhadap suatu pembelajaran adalah pembelajaran IPA. Ilmu Pengetahuan Alam adalah proses pembelajaran dalam mempersiapkan peserta didik menguasai teknologi, mampu berpikir kritis, berpikir logis, kreatif, dan komprehensif ketika menyelesaikan masalah secara ilmiah. LKPD eletronik (e-LKPD) mampu menjadi salah satu media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dimana didalamnya terdapat gambar, video-video, dan animasi menarik lainnya sehinga membantu menarik atensi siswa agar tidak bosan dan berminat dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran menggunakan e-LKPD juga adalah sebuah upaya untuk menjawab tantangan perkembangan abad ke-21 yang berbasis teknologi. Salah satu teknologi yang mampu merubah LKPD cetak menjadi elektronik yaitu website liveworksheet. Liveworksheet dapat mengubah LKPD yang semula dapat dicetak menjadi latihan online interaktif yang sekaligus dapat membantu guru untuk mengoreksi jawaban siswa secara otomatis. E-LKPD berbasis liveworksheet sangat mudah diakses tanpa harus menginstal dan mendaftar aplikasi terlebih dahulu, dapat memberikan video pada lembar kerja dan membuat tampilan dari lembar kerja menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, pembelajaran IPA akan menjadi konsep pembelajaran yang tepat untuk digunakan pengembangan perangkat LKPD elektronik (e-LKPD) berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD berbasis liveworksheet untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA SMP. Jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang tahapannya terdiri dari analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang diterapkan dalam penelitian yakni teknik analisis data validitas dengan instrumen lembar validasi untuk mengetahui kevalidan produk. Teknik analisis data kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan untuk mengetahui kepraktisan produk yang digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data efektivitas dengan tes berupa pre-test dan post-test untuk mengetahui efektivitas dari produk dalam meningkatkan keterampialan berpikir kritis yang diukur menggunakan N gain, serta dengan instrumen angket respon siswa yang telah menggunakan e LKPD berbasis liveworksheet. Hasil dari validitas e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrumen lembar validasi dari perhitungan rata-rata tiga validator menunjukkan bahwa presentase validitas sebesar 95% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari kepraktisan e-LKPD berbasis liveworksheet dengan menggunakan instrumen lembar observasi keterlaksanaan dilakukan oleh tiga orang observer memperoleh nilai rata-rata 95% dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat dinyatakan terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas e-LKPD berbasis liveworksheet dilihat dari rata-rata pre-test dan post-test yang menggunakan indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,73 yang termasuk dalam kriteria tinggi, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan siswa mengalami peningkatan keterampilan berpikir kritis. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa terhadap e-LKPD mendapat respon yang positif dengan nilai sebesar 89% masuk ke dalam kategori sangat baiken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectLIVEWORKSHEETen_US
dc.subjectBERPIKIR KRITISen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA SMPen_US
dc.title.alternativeDevelopment E-LKPD Based of Liveworksheet to Improve Student's Critical Thinking Skills in Junior High School Science Learningen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record