• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Asal-Usul Pada Kelas Iv Sdn Serut 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Dyte Meining Tyas.pdf (901.1Kb)
    Date
    2023-05-26
    Author
    Tyas, Dyte Meining
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting dalam proses pembelajaran bagi peserta didik. Hasil wawancara dengan wali kelas IV SDN Serut 01 Jember, bahwasannya dalam proses pembelajaran selama Kurikulum Merdeka kurangnya pengembangan perangkat ajar untuk peserta didik. Peserta didik menggunakan LKS dari sekolah. Guru menggunakan LKS yang kurang bervariasi dan juga tidak berbasis Kearifan Lokal Jember. Pembelajaran hanya menggunakan sumber belajar LKS dari sekolah. Produk LKPD berbasis Kearifan Lokal Jember merupakan bahan ajar yang berisi pemecahan masalah melalui kegiatan mandiri, diskusi kelompok, dan kegiatan menjawab permasalah sehari-hari. Dampak dari LKPD berbasis kearifan lokal Jember yaitu peserta didik mengetahui dan belajar tatanan hidup, budaya, dan adat istiadat lokal yang ada di Jember. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kevalidan dan keefetifan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Asal-Usul untuk peserta didik kelas IV SDN Serut 01 Jember. Tujuan penelitian dari rumusan masalah tersebut adalah mengetahui kevalidan dan keefektifan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia Bab 7 Asal-Usul pada peserta didik kelas IV SDN Serut 01 Jember. Bab ini berisi Capaian Pembelajaran antara lain (1) memahami intruksi dan ide pokok dalam teks ; (2) menemukan dan mengidentifikasi informasi pada beberapa kalimat yang berhubungan; (3) mengidentifikasi dan menyebutkan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks narasi; serta (4) menyampaikan pendapat tentang informasi di dalam teks terkait penyebab terjadinya suatu masalah atau kejadian. Materi yang dikembangkan LKPD berbasis Kearifan Lokal Jember pada bab 7 sesuai dengan analisis buku guru dan buku siswa yaitu teks narasi konjungsi antar kalimat dan ide pokok. Kearifan Lokal Jember pada penelitian ini yaitu bentuk nyata diantaranya Batik Jember dan Prol Tape. Bentuk tidak nyata yaitu Tari Lahbako. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan reseach and Development (R&D) model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di SDN Serut 01 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket respons siswa, lembar validasi, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia bab 7 Asal-Usul berupa produk cetak yang digunakan dalam bentuk offline maupun online (Google Drive). Pengembangan produk LKPD berbasis Kearifan Lokal Jember pada pembelajaran Bahasa Indonesia bab 7 telah dilakukan validasi oleh 3 validator yaitu ahli bahasa, ahli media, dan ahli praktisi dengan checklist pada instrumen lembar validasi. Validasi tersebut menunjukkan hasil akhir sebesar 85, 67 yang didapatkan dari instrumen lembar validasi. Hasil validasi dalam kategori sangat layak karena berada dalam rentangan nilai 81,00-100. Produk tersebut sudah dapat digunakan tanpa revisi. Instrumen tes hasil belajar juga dilakukan validasi kepada 2 ahli validator yaitu ahli bahasa dan ahli praktisi. Validasi mendapatkan dengan nilai 77, 78 yang termasuk dalam kategori layak karena berada dalam kriteria skor 61,00 – 80,99. Hasil tersebut didapat dari instrumen lembar validasi. Uji keefektivan produk LKPD berdasarkan data analisis hasil belajar dan mendapatkan hasil 82, 14. Hasil belajar diperoleh dari post-test dengan soal objektif berjumlah 25 soal. Nilai tersebut yang termasuk dalam kategori sangat efektif karena berada dalam rentangan skor 81,00-100. Uji keefektifan juga dilihat dari respons peserta didik dalam mengisi angket. Angket diberikan saat peserta didik telah melaksanakan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil tabulasi angket respons peserta didik didapatkan hasil 85,17. Hasil tersebut diperoleh dari peserta didik yang mengisi angket 15 butir pernyataan. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat efektif karena berada dalam rentangan skor 81,00-100. Saran yang dapat diberikan yaitu, bagi peserta didik pembelajaran menggunakan LKPD berbasis kearifan lokal pada pembelajaran Bahasa Indonesia bab 7 Asal-Usul diharapkan untuk selalu belajar dengan semangat dan tekun. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi penelitian selanjutnya karena produk LKPD ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya. .
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118333
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15286]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository