Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMAWATI, Yulia
dc.date.accessioned2023-10-12T08:07:13Z
dc.date.available2023-10-12T08:07:13Z
dc.date.issued2023-05-29
dc.identifier.nim190210104029en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118267
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan pendidikan ditandai dengan kemajuan ilmu dan teknologi menyebabkan setiap individu harus memiliki kemampuan “The 4Cs”. Rendahnya kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh faktor banyaknya siswa yang pasif dan guru yang tidak mengemas pembelajaran secara menarik mengakibatkan pembelajaran berlangung monoton serta kesulitan siswa dalam mempelajari materi kalor dan perpindahannya sehingga dapat diatasi melalui pemilihan model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan peneliti yaitu untuk (1) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (2) menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA siswa SMP. Penelitian quasi experiment menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 10 Jember pada semester gantil tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan teknik utama dan pendukung, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk. uji Independent Sample T-test, uji T-pihak kanan, dan Mann Whitney U-test. Kesimpulan dari keseluruhan uji yaitu (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP, dan (2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kalor dan perpindahannya berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa SMPen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Prof. Dr. Sutarto, M.Pd Dosen Pembimbing anggota : Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTADen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRISTISen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sutarto, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad, S.Pd., M.PFis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_aguatus_2023_1en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record