Show simple item record

dc.contributor.authorAgung Setiawan
dc.date.accessioned2013-12-24T01:56:47Z
dc.date.available2013-12-24T01:56:47Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM050210102155
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11820
dc.description.abstractPermasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar fisika siswa di SMA, akibat PBM yang kurang sesuai dengan karakteristik dan hakikat pembelajaran fisika. Selain itu, pembelajaran dengan metode praktikum baik untuk PBM fisika, namun kurang efisien dalam pelaksanaannya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien, sesuai dengan karakteristik dan hakikat pembelajaran fisika. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah metode pembelajaran praktikum. Pembelajaran di laboratorium dengan metode pembelajaran yang lain menunjukkan bahwa praktikum di laboratorium lebih efektif untuk memperoleh kemampuan pengamatan dan ketrampilan teknik. dalam pembelajaran dengan metode praktikum ini siswa secara aktif melatih keterampilan teknik dan kemampuan pengamatan fisika melalui kegiatan praktikum dan peran guru adalah menjadi fasilitator belajar yang diharapkan dapat membantu siswa dalam memproses menemukan informasi serta mengkonstruksi konsep-konsep fisika yang dipelajarinya untuk mengasah keterampilannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Adakah pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA?; 2) Bagaimanakah retensi belajar fisika siswa setelah pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika di SMA?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengkaji pengaruh pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika terhadap hasil belajar siswa di SMA; (2) Mendeskripsikan retensi hasil belajar setelah pembelajaran dengan metode praktikum pada pembelajaran pengantar fisika di SMA. vii Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan one group pre test post test design. Penelitian ini dikaji di SMA Negeri 1 Rambipuji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rambipuji. Responden dalam penelitian ini adalah kelas X-1 di SMA Negeri 1 Rambipuji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Uji paired samples t test dengan program SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah pertama; (2) analisis hasil post test dan tes tunda untuk menjawab permasalahan yang kedua. Hasil analisis data pada uji pengaruh, menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) < 0,05 dengan demikian hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar Fisika sebelum dan setelah diberikan perlakuan menggunakan metode pembelajaran praktikum. Adanya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan metode praktikum. Uji retensi hasil belajar fisika setelah perlakuan pembelajaran dengan metode eksperimen pada sampel diperoleh persentase 71,55%, angka ini masuk dalam kategori tinggi. Hasil perhitungan retensi hasil belajar fisika siswa menunjukkan bahwa persentase retensi hasil belajar fisika siswa di kelas eksperimen yaitu sebesar 71,55%. Retensi ini termasuk kategori tinggi. viii 0 Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan setelah pembelajaran dengan metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMA Negeri 1 Rambipuji; (2) Retensi hasil belajar Fisika siswa di kelas X SMAN 1 Rambipuji setelah pembelajaran dengan metode praktikum tergolong tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102155;
dc.subjectPembelajaran Pengantar Fisikaen_US
dc.titleMetode Praktikum di dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Konsep Besaran dan Satuan Tahun Ajaran 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record