Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Aisiyah
dc.date.accessioned2013-12-24T01:53:39Z
dc.date.available2013-12-24T01:53:39Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM060210302342
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11808
dc.description.abstractAda beberapa faktor yang sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran IPS. Faktor-faktor itulah yang membutuhkan perhatian demi tercapainya peningkatan mutu pendidikan. Salah satu faktor tersebut adalah proses pembelajaran yang melibatkan guru dan siswa. Hal ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran banyak tergantung dari bagaimana kualitas pembelajaran. Tinggi rendahnya kualitas proses dan hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran salah satunya ditentukan oleh guru dan metode mengajar yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu memperbaiki kualitas proses dan menuntaskan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking DD/CT, dimana dalam satu kelompok terdiri dari 5 siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda (heterogen) baik tingkat kemampuan akademik, gender dan suku. Rumusan masalah dalam peneletian ini adalah: (1) Apakah penerapan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran secara signifikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono Jember tahun pembelajaran 2009/ 2010?. (2) Apakah penerapan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS secara signifikan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono Jember tahun pembelajaran 2009/ 2010?. Tujuan diadakan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran IPS melalui penerapan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/ Critical Thinking (DD/CT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono tahun pembelajaran 2009/2010. (2) Untuk menuntaskan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT) pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukowono tahun pembelajaran 2009/2010. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukowono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dan dengan desain Hopkins yang berbentuk spiral. Melalui tahapan tiga siklus yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penetuan subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VII-E dengan jumlah 39 siswa di SMP Negeri 2 Sukowono Semester genap tahun pembelajaran 2009/2010. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari aspek kualitas proses yaitu aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Pada siklus 1, aktivitas belajar siswa mencapai 79%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 54% sehingga pada siklus 1 hasil belajar siswa dikatakan tidak tuntas. Pada siklus 2, aktivitas belajar siswa mencapai 87%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 87%. Pada siklus 3, aktivitas belajar siswa mencapai 94%, sedangkan hasil belajar siswa mencapai 92%, pada siklus 2 dan siklus 3 dikatakan tuntas. Berdasarkan keterangan diatas menunjukkan adanya peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa secara klasikal antara siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Saran dari hasil penelitian ini adalah: Bagi Guru IPS, sebaiknya mencari model, pendekatan atau metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran.Bagi peneliti selanjutnya, agar dapat lebih mengembangkan penelitian dengan menggunakan pendekatan DD/CT pada materi yang lain dalam ruang lingkup yang luas dan dalam jangka waktu yang lama. Bagi lembaga pendidikan, hasil dari penelitian ini merupakan sebuah masukan yang berguna dan digunakanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210302342;
dc.subjectHASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)en_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/ CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SUKOWONO TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record