Show simple item record

dc.contributor.authorROHIM, Nurul Tasya Alvina Aulia
dc.date.accessioned2023-09-29T02:47:14Z
dc.date.available2023-09-29T02:47:14Z
dc.date.issued2023-06-13
dc.identifier.nim190210301034en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118064
dc.description.abstractPencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti motivasi, kecerdasan, minat, kompetensi guru, gaya belajar, fasilitas belajar, dan teman sebaya. Sedangkan motivasi belajar merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh bagi siswa. Motivasi dibagi menjadi dua, yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Motivasi intrinsik merupakan sesuatu yang mendorong seseorang untuk terlibat dalam suatu aktivitas yang berasal dari kesenangan dalam aktivitas tersebut, sementara motivasi ekstrinsik merupakan sesuatu yang mendorong seseorang untuk terlibat dalam suatu aktivitas yang berasal dari harapan memperoleh penghargaan. Selain itu, gaya belajar siswa juga dapat berpengaruh dalam keberhasilan belajar yang dibedakan menjadi 3 diantaranya gaya auditorial, gaya visual, dan gaya kinestetik. Fenomena yang ditemukan pada saat ini di SMA Negeri 1 Probolinggo adalah terdapat beberapa siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada materi ketenagakerjaan sehingga harus melakukan remedial, hal tersebut disebabkan karena sikap mereka yang cenderung diam atau kurang berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan pembelajaran baik dalam bertanya maupun menjawab serta mengutarakan argumennya. Selain itu, pada saat observasi terlihat adanya siswa yang kurang merasa bersemangat seperti tidak menghiraukan penjelasan dari guru dan bergurau dengan teman sebangku ketika proses pembelajaran berlangsung sehingga hal tersebut akan mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penentuan lokasi menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Negeri 1 Probolinggo yang terletak di Jl. Soekarno-Hatta No.137 Kota Probolinggo. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu sebanyak 67 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner, wawancara, dan dokumen. Teknik pengolahan data menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Uji instumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Serta analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, dan juga uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi berganda (R2 ). Hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Probolinggo dapat diterima atau mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel sebesar 6,414 > 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (5%), kemudian hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Probolinggo dapat diterima atau mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung > ttabel sebesar 4,769 > 1,996 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 (5%), serta hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Probolinggo dapat diterima atau mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 85,329 > 3,14 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Probolinggo sebesar 42,8%, kemudian terdapat pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 29,9%, dan juga terdapat pengaruh dari motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Probolinggo sebesar 72,7%. Sedangkan, sisanya yaitu 27,3% dipengaruhi oleh variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kecerdasan, minat, kompetensi guru, fasilitas belajar, dan teman sebaya.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Hety Mustika Ani, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Utama Lisana Oktavisanti M., S.Pd., M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Anggotaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectGaya Belajaen_US
dc.subjectMateri Ketenagakerjaanen_US
dc.titlePengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ketenagakerjaan (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Probolinggo)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Hety Mustika Ani, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Lisana Oktavisanti M., S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 24 Agustus 2023en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_09_tanggal 29en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record