Show simple item record

dc.contributor.authorAula, Nisa
dc.date.accessioned2023-09-27T06:29:51Z
dc.date.available2023-09-27T06:29:51Z
dc.date.issued2023-06-15
dc.identifier.nim190210301073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118038
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 27 September 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKualitas pendidikan di Indonesia di tingkat pendidikan dunia masih terbilang rendah di nilai dari segi sistem maupun kualitas pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari data yang dipublikasikan oleh World Population Review pada tahun 2021, Indonesia berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara. Kurikulum yang masih berlaku di Indonesia pada abad 21 ini adalah kurikulum merdeka, salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi yang dapat diamati dari proses pengetahuan siswa pada pelaksanaan pembelajaran. Bisnis Retail adalah salah satu mata pelajaran yang terdapat di SMKN 4 Jember yang ada dalam tatanan kurikulum merdeka yang disertai adanya pembekalan pengetahuan serta keterampilan bagi siswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yang membahas ruang lingkup pelaksanaan pemasaran di dunia bisnis. Sedangkan model pembelajaran yang dipandang dapat memfasilitasi dan mendorong peserta didik dalam penguasaan konsep pembelajaran abad 21 serta melatih mengembangkan konsep keterampilan berpikir tingkat tinggi salah satunya adalah dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penentuan daerah penelitian ini menggunakan teknik purposive area dengan menggunakan teknik non probability sampling, dengan informan berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 1 kelas. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI PM SMKN 4 Jember yang terdiri dari 2 indikator dengan persentase mulai dari tertinggi hingga terendah sebagai berikut: 1) Pada indikator menganalisis (C4) sebesar 81% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. 2) indikator mengevaluasi (C5) sebesar 76% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”. Dari kedua indikator tersebut, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwasannya secara keseluruhan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMKN 4 Jember pada mata pelajaran bisnis retail dalam model problem based learning memiliki persentase sebesar 79% sehingga termasuk dalam kategori “sedang”.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I Drs. Joko Widodo, M.M. Dosen Pembimbing II Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Tingkat Tinggien_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectPembelajaran Bisnis Retailen_US
dc.titleKeterampilan Berpikir Tingkat Tinggi SIswa dalam Model Problem Based Learning (Studi Kasus Pada Pembelajaran Bisnis Retail di Kelas XI PM SMKN 4 Jember)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Ekonomien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Joko Widodo, M.M.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Retna Ngesti Sedyati, M.P.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Juli 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record