• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PROFIL ASSESSMENT GURU MATEMATIKA SMA DI KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Silvi Triandriamaya Rulitawati_1.pdf (545.8Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Silvi Triandriamaya Rulitawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Assessment merupakan suatu proses atau kegiatan untuk mendapatkan informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar yang telah dicapai siswa sehingga bermakna dalam mengambil keputusan. Sistem assessment yang baik akan mendorong guru untuk mengajar lebih baik dan peserta didik untuk belajar secara lebih baik pula sehingga tercapailah apa yang disebut kualitas pembelajaran ( Sesuai dengan PP No. 20 tahun 2007 pasal 1 ayat 1 yang isinya adalah penilaian hasil belajar peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dilaksanakan berdasarkan standar penilaian pendidikan yang berlaku secara nasional. KTSP merupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi kepada sekolah dan satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhan masing-masing, sehingga pada KTSP sekolah dapat melaksanakan dan mengembangkan sistem penilaiannya sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh sekolah begitu pula dengan SMA yang ada di Kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui tingkat pemahaman guru matematika tentang assessment, proses pengembangan assessment dan pelaksanaan assessment matematika SMA di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Lumajang, SMAN 2 Lumajang, SMA 3 Lumajang, MAN Lumajang, SMAN Klakah, SMAN Kunir, SMAN Pasirian, SMAN Tempeh, MA Putri Lumajang, SMA PGRI 1 Lumajang, MA Ma’arif Nu Darul Ulum, SMA Islam Lumajang, SMA Jenderal Sudirman Lumajang, SMA PGRI Tempeh, SMA ix Muhamdiyah Lumajang. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 4-25 Nopember 2011. Sebagai subjek penelitian adalah guru matematika di 15 SMA tersebut yaitu sebanyak 37 guru matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan survai. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Pemahaman guru matematika mengenai assessment meliputi pengertian assessment, perbedaan assessment, evaluasi, tes dan pengukuran, aspek assessment, landasan Pada pengembangn assessment yang dilakukan oleh guru matematika SMA di Kabupaten Lumajang, dapat diketahui bahwa 59,46% responden telah mengembangkan assessment. Jenis tagihan yang paling sering dikembangkan oleh guru matematika SMA di kabupaten Lumajang adalah ulangan harian, tugas kelompok dan tugas individu. Instrument penilaian yang paling sering dikembangkan oleh guru matematika SMA di Kabupaten Lumajang adalah uraian obyektif, pilihan ganda uraian bebas dan jawaban singkat. Assessment yang dilaksanakan oleh guru matematika meliputi mengetahui langkah-langkah perencanaan assessment, penerapan langkah-langkah perencanaan assessment, mangetahui langkah-langkah pelaksanaan assessment, penerapan langkah-langkah pelaksanaan assessment, aspek/ranah yang diterapkan dalam pelaksanaan assessment, prinsip-prinsip yang diterapkan selama melaksanakan assessment, teknik-teknik assessment yang digunakan guru, perbedaan assessment matematika dengan mata pelajaran lain. Assessment yang dilaksanakan oleh guru matematika SMA di Kabupaten Lumajang kurang sesuai dengan yang dianjurkan oleh BSNP, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata persentase berdasarkan analisis setiap indikator pelaksanaan assessment yaitu sebesar 61,82%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11799
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository