• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Inovasi Proses Pelayanan Dokumen Kependudukan Terintegrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI WATERMARK_NOVI NUR ARISKA.pdf (1.996Mb)
    Date
    2023-05-22
    Author
    ARISKA, Novi Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi proses pelayanan dokumen kependudukan terintegrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumenep. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumenep sebagai unsur pelaksana pelayanan administrasi kependudukan masih menghadapi beberapa permasalahan akibat proses pelayanan yang disediakan terlalu panjang. Oleh sebab itu, Disdukcapil membuat suatu pembenahan dengan meluncurkan inovasi pelayanan dokumen kependudukan terintegrasi. Inovasi ini memunculkan kebaharuan proses kerja atau prosedur pelayanan menjadi lebih mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi pelayanan dokumen kependudukan terintegrasi di Disdukcapil Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian yang digunakan adalah paradigma post-potivisme dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi proses dalam pelayanan dokumen kependudukan terintegrasi yang diluncurkan oleh Disdukcapil Kabupaten Sumenep masih belum sepenuhnya optimal, tetapi sudah terdapat kebaharuan dalam inovasi proses yang diluncurkan, terlihat dari adanya penyederhanaan proses pelayanan offline dan juga sudah tersedianya pelayanan online. Hanya saja, dalam pelaksanaannya masih mengalami beberapa kendala, diantaranya proses pelayanan secara online yang disediakan masih belum bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat kepulauan sebab akses jaringan internet masih sulit dijangkau. Selain itu, adanya keluhan terkait sikap pegawai yang masih dinilai kurang ramah dan kurang disiplin turut membuat kepuasan masyarakat kurang optimal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117961
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository