Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Fourriska Mukti Nuryasita
dc.date.accessioned2023-09-18T06:13:24Z
dc.date.available2023-09-18T06:13:24Z
dc.date.issued2023-06-23
dc.identifier.nim162410101030en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117900
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 September 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractShopee merupakan salah satu marketplace yang populer dikawasan Asia Tenggara. Marketplace shopee awal peluncurannya pada tahun 2015 di 7 Negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Taiwan, Vietnam dan Filipina. Marketplace sendiri berperan sebagai pihak ketiga antara penjual dan pembeli dengan menyediakan tempat untuk berjualan dan kemudahan layanan pembayaran. Marketplace shopee bertujuan untuk menyediakan pengalaman jual beli yang lebih mudah, aman. Berjualan di marketplace menawarkan banyak keuntungan yaitu meminimalisir modal, penjual hanyak perlu upload produk, promosi di bantu oleh pihak marketplace, dapat memantau perkembangan bisnis dengan mudah, menjangkau pasar yang lebih luas. Namun, berdasarkan hasil survei secara nasional masih sedikit UMKM di Indonesia yang memanfaatkan marketplace sebagai media penjualan online. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi penerimaan manfaat yang dirasakan penjual yang sudah memanfaatkan marketplace shopee apakah sudah sesuai dengan branding yang ditawarkan. Evaluasi penelitian dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang terdapat 5 variabel dan di tambah dengan 1 variabel eksternal. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu persepsi mengenai kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan (perceived ease of use), sikap penggunaan teknologi (attitude towards using technology), minat perilaku untuk menggunakan (behavior intention to use), penggunaan teknologi yang sebenarnya (actual tecnology usage). Dari 5 variabel yang telah ditentukan terdapat 8 hipotesis yang akan diteliti. Pengolahan data untuk pengujian kelayakan model dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM).Structural Equation Model (SEM) digunaan untuk menganalisis model yang telah dibuat berdasarkan kerangka teoritis TAM. SEM juga digunakan untuk menjawab hipotesis yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 8 hipotesis yang diajukan terdapat 2 hipotesis yang ditolak dan terdapat 6 hipotesis yang diterima. Hasil analisa juga menunjukan bahwa model konseptual yang dibuat dapat digunakan.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama: Fahrobby Adnan, S.Kom,MMSI Pembimbing Anggota: Beny Prasetyo, S.Kom.,M.Kom,CAPM., COBIT5-Fen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectTechnology Acceptance Modelen_US
dc.subjectPenerimaan Teknologien_US
dc.subjectMarketplace Shopeeen_US
dc.subjectStructural Equation Modelingen_US
dc.titleAnalisis Model Penerimaan Teknologi (Technology Acceptance Model) terhadap Penggunaan Marketplace Shopee sebagai Media Penjualan Online UMKM di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSistem Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahrobby Adnan, S.Kom,MMSIen_US
dc.identifier.pembimbing2Beny Prasetyo, S.Kom.,M.Kom,CAPM., COBIT5-Fen_US
dc.identifier.validatorKacung- 6 Juli 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record