Show simple item record

dc.contributor.authorRENY MARTYASTUTIK
dc.date.accessioned2013-12-24T01:46:19Z
dc.date.available2013-12-24T01:46:19Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210191031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11787
dc.description.abstractPeningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Untuk mengetahui kemampuan berpikir, seorang guru harus mengenal masing-masing siswa didiknya. Metakognisi merupakan kemampuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dan bagaimana siswa memantau dan mengatur pikiran mereka ketika menyelesaikan soal matematika. Metakognisi sering dijumpai ketika seseorang menghadapi suatu masalah. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik kita harus memperbaiki proses belajar mengajar, adapun hasil belajar tersebut dapat diketahui yaitu dengan mengadakan evaluasi atau penilaian. Untuk itu, diperlukan acuan untuk mengembangkan perangkat penilaian metakognisi. Dengan perangkat ini, guru akan lebih mengenal kemampuan siswa dan dapat mengetahui kelemahan siswa serta perilaku metakognisi siswa terutama dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Pengembangan Instrumen ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui proses dan kemampuan berpikir siswa dan hasil pengembangan instrumen penilaian metakognisi siswa. Instrumen ini terdiri dari 25 butir pernyataan yang memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis. Uji coba ini dilakukan di SMP Negeri 05 Tanggul kelas VII yang berjumlah 30 siswa yang diambil 6 orang setiap viii kelas pada hari sabtu, 19 Nopember 2011 serta 3 orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan Metode Plomp yang terdiri dari 5 fase. Fase yang pertama adalah fase investigasi awal yaitu mencari informasi tentang manfaat serta pentingnya metakognisi bagi siswa. Dilanjutkan dengan fase desain yakni membuat kisi-kisi instrumen penilaian, membuat lembar validasi instrumen penilaian, membuat pedoman angket untuk guru, membuat tes berupa soal cerita pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu varibel yang akan diberikan ke siswa untuk divalidasi. Fase berikutnya adalah fase realisasi (konstruksi). Setelah melakukan fase desain maka ditentukan 25 butir pernyataan yang mengungkapkan kemampuan metakognisi siswa yang merupakan instrumen penilaian metakognisi awal. Setelah fase konstruksi dilalui, dilakukan fase tes, revisi, dan evaluasi yang terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu validasi instrumen yang dilakukan oleh 3 validator (ahli) terhadap instrumen penilaian metakognisi siswa dan uji coba instrumen yang telah divalidasi.. Hasil validasi berupa koefisien validitas pada instrumen penilaian metakognisi berdasarkan kejelasan bahasa sebesar 0,9333 dan berdasakan validasi konstruk sebesar 0,9397. Selanjutnya pada fase implementasi yaitu penarikan kesimpulan dari fase sebelumnya, yaitu diperoleh instrumen yang diinginkan berupa 25 item pernyataan yang mencerminkan proses berpikir siswa sebelum menyelesaikan soal, selama menyelesaikan soal, setelah menyelesaikan, dan menggunakan cara lain dalam menyelesaikan soal. Kemudian koefisien reliabilitas yang dihasilkan pada instrumen penilaian metakognisi siswa SMP sebesar r = 0,8189. Persentase kepraktisan pada instrumen penilaian metakognisi siswa SMP sebesar 100%. Prototipe akhir yang didapat dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen penilaian metakognisi siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191031;
dc.subjectINSTRUMEN PENILAIAN METAKOGNISI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN METAKOGNISI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABELen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record