Analisis Sentimen Opini Masyarakat Indonesia Terhadap Keputusan Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Media Sosial Youtube Menggunakan Naive Bayes Classifier
Abstract
Analisis sentimen adalah cara mengekspresikan individu atau kelompok
tentang masalah tertentu. Analisis sentimen pada dasarnya bekerja dengan membagi
teks kalimat atau dokumen menjadi kelompok kalimat atau dokumen yang bersifat
positif dan negatif. Media sosial pada saat ini merupakan media komunikasi yang
sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Salah satu media sosial yang paling
populer digandrungi masyarakat adalah youtube. Dengan media sosial youtube,
informasi masyarakat sangat beragam, dari informasi tersebut terdapat data yang dapat
diolah menjadi analisa sentimen yaitu data komentar yang ada pada postingan akun
youtube.
Penelitian ini mengajukan untuk melakukan analisis sentimen untuk
mengetahui kecondongan opini publik terhadap keputusan pencabutan PPKM COVID-
19 dari media sosial youtube menggunakan metode Naive Bayes Classifier. Diharapkan
hasil ini dapat memberikan gambaran antusiasme masyarakat Indonesia terhadap
keputusan pencabutan PPKM COVID-19. Masukan pada penelitian ini berupa data
komentar dari youtube, sedangkan hasil keluaran dari penelitian ini berupa visualisasi
data sentimen positif, negatif, dan netral. Penelitian yang dilakukan dapat menganalisis
sentimen secara otomatis dan mencapai tingkat akurasi sebesar 86% dengan skenario
data 90% data latih, 10% data uji.