dc.contributor.author | ANDESMANA, Ruri | |
dc.date.accessioned | 2023-08-29T22:19:19Z | |
dc.date.available | 2023-08-29T22:19:19Z | |
dc.date.issued | 2023-05-30 | |
dc.identifier.nim | 192110101091 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117751 | |
dc.description | Finalisasi repositori tanggal 30 Agustus 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Latar Belakang: PHBS di sekolah merupakan tahapan awal untuk menciptakan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas untuk kemajuan bangsa dan negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan promosi kesehatan produk media berupa Board Game "Menararia" terkait PHBS pada anak usia sekolah. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi dan wawancara mendalam. Hasil dan Pembahasan: pengembangan Board Game Menararia dilakukan dengan tahapan desain strategis, pengembangan, dan uji coba atau penilaian. Desain strategis memiliki tahapan, yaitu 1) Pengaturan tujuan komunikasi dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant /Realistis, Timebond). 2) Pengembangan pendekatan program yaitu ARSHAT (Anak Bersih, Sehat, dan Kuat). 3) Penentuan jaringan atau saluran dengan ToT ke Kabupaten Jember Dinas Kesehatan, Puskesmas Semboro, dan UNICEF Indonesia. 4) Persiapan rencana implementasi dimulai pada Maret-Mei 2023. Pengembangan Board Game Menararia memiliki tahapan, yaitu 1) Pembuatan materi yakni sekitar 8 indikator PHBS di sekolah. 2) Pembuatan model permainan mulai dari modul, komponen, dan alur permainan. 3) Pembuatan komposisi media visual mulai dari menggunakan 3 warna dasar yakni biru, putih, abu-abu, tipografi yang digunakan yakni font Poppins, Microsoft PhagsPa, dan Arial, serta ilustrasi yang digunakan disesuaikan dengan konteks yang ada. Kesimpulan: Board Game Menararia sebagai media promosi kesehatan dinilai cocok digunakan dan dapat menarik perhatian anak untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dengan catatan masih perlu sedikit perbaikan dari informan ahli. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Taufan Asrisyah Ode, S.KM., M.Kes. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Kesehatan Masyarakat | en_US |
dc.subject | PENILAIAN BOARD GAME | en_US |
dc.subject | PHBS | en_US |
dc.subject | ANAK USIA SEKOLAH | en_US |
dc.title | Pengembangan dan Penilaian Board Game Menararia sebagai Media Promosi Kesehatan Terkait PHBS Pada Anak Usia Sekolah | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Program Studi Kesehatan Masyarakat | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Taufan Asrisyah Ode, S.KM., M.Kes. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_juli_2023_13 | en_US |