Alasan Singapura Memperpanjang Kontrak Pergelaran Formula 1 Grand Prix Tahun 2022
Abstract
Singapura kembali melalukan perpanjangan kontrak Formula 1 Grand Prix di tahun 2022 meskipun selama dua tahun tidak mendapatkan keuntungan dari event balap tersebut akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan Singapura dalam memperpanjang kontrak pergelaran Formula 1 Grand Prix di tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teori liberalisme digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan memahami alasan Singapura memperpanjang kontrak pergelaran Formula 1 Grand Prix tahun 2022. Hasil penelitian ini yaitu perpanjangan kontrak pergelaran Formula 1 Grand Prix yang dilakukan oleh Singapura merupakan upaya nation branding negara tersebut. Nation branding yang dilakukan oleh Singapura melalui Formula 1 Grand Prix dibagi ke dalam enam aspek yaitu pariwisata, warisan budaya, pemerintah, masyarakat, ekspor, dan investasi. Keberhasilan dari nation branding dalam event tersebut yaitu meningkatnya citra negara yang ditandai dengan meningkatnya kunjungan wisatawan asing ke Singapura.