• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas X Tahun Pelajaran 2021/2022 SMAN 1 Yosowilangun

    Thumbnail
    View/Open
    NASKAH SKRIPSI - MERISA FEBRIYANTI (WATERMAK).pdf (1.358Mb)
    NASKAH SKRIPSI - MERISA FEBRIYANTI (WATERMAK).pdf (1.358Mb)
    NASKAH SKRIPSI - MERISA FEBRIYANTI (WATERMAK).pdf (1.358Mb)
    Date
    2023-06-05
    Author
    FEBRIYANTI, Merisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penilaian merupakan hal yang mendasar untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian dilaksanakan untuk memperoleh informasi mengenai ketercapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan penilaian hasil belajar akan berjalan dengan baik apabila didukung dengan teknik dan instrumen yang baik. Supaya dapat mengetahui kualitas soal ujian semester pada kegiatan penilaian, pendidik dapat melakukan salah satu cara yaitu analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bagaimana kualitas soal yang digunakan pada kegiatan ujian semester mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X SMAN 1 Yosowilangun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas soal ujian bahasa Indonesia kelas X tahun pelajaran 2021/2022 SMAN 1 Yosowilangun berdasarkan aspek: 1) tingkat kesukaran soal; 2) tingkat daya beda soal; 3) fungsi penggunaan pengecoh soal; dan 4) tanggapan guru mengenai hasil analisis soal. Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal ujian semester mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X tahun pelajaran 2021/2022 SMAN 1 Yosowilangun berdasarkan aspek: 1) tingkat kesukaran soal, berkualitas kurang baik ; 2) tingkat daya beda soal, berkualitas cukup; 3) fungsi penggunaan pengecoh soal, berkualitas sangat baik; 4) guru memberikan respon yang positif dengan menambahkan beberapa persepsi terhadap hasil analisis butir soal.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117637
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository