Show simple item record

dc.contributor.authorARYNDA PRAMITA SARI
dc.date.accessioned2013-12-24T01:31:52Z
dc.date.available2013-12-24T01:31:52Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM080210191011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11758
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins maka dikembangkan desain penelitian menggunakan prosedur kerja dari tindakan pendahuluan, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pada setiap akhir siklus diberikan tes akhir untuk mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang telah dipelajari. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisa data merupakan cara yang paling menentukan untuk menyusun dan mengolah data yang terkumpul, sehingga dapat menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmatika sosial kelas VII F SMP Negeri 1 Rambipuji semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 berjalan dengan lancar dan baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang meningkat dari pembelajaran pertama sampai pembelajaran ke empat. Selain itu, hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai akhir siswa pada siklus I diperoleh 74,49 meningkat menjadi 81,24 pada siklus II. Berdasarkan hasil wawancara terhadap siswa menunjukkan bahwa siswa menyukai pembelajaran yang diterapkan, yaitu pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan bahwa pembelajaran metode penemuan terbimbing dengan pendekatan kontekstual cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191011;
dc.subjectPenemuan Terbimbing, Kontekstualen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII F SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record