Show simple item record

dc.contributor.authorPRAYI, Ishlah Alwaritsa Aida
dc.date.accessioned2023-08-07T07:44:53Z
dc.date.available2023-08-07T07:44:53Z
dc.date.issued2023-05-15
dc.identifier.nim180210204293en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117493
dc.description.abstractPada materi pelajaran IPAS Bab 6 Indonesiaku kaya budaya ini siswa akan belajar tentang keragaman budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah. Siswa mengetahui manfaat dan perlindungan keanekaragaman budaya di Indonesia. Dari pemahaman ini memungkinkan siswa untuk menerapkan nilai toleransi perbedaan dan keragaman di lingkungan mereka. Siswa bisa berusaha untuk melestarikan budaya dalam kehidupan kita sehari-hari. Siswa sadar akan kekayaan budaya di sekitar dan menciptakan kebanggaan menerapkan nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat menelusuri informasi untuk memahami apa yang mendorong keragaman di lingkungan mereka. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN Tanggul Kulon 01 di kota Jember mengenai media pembelajaran penerapannya dalam Kurikulum Merdeka Belajar, dikarenakan masih materi-materi awal media pembelajaran diusahakan dan disiapkan oleh guru, jika belum terdapat media pembelajaran, pembelajaran terasa tidak real, kurangnya pengenalan serta penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru menyebabkan siswa kurang mengetahui mengenai materi kekayaan budaya Indonesia, kurangnya inovasi dan kreasi dalam menggunakan media pembelajaran. Tidak jarang siswa mengalami kesulitan untuk mengetahui kekayaan budaya Indonesia. Hal tersebut berdampak pada pemahaman penguasaan materi pelajaran IPAS pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Berdasarkan data observasi dan dokumentasi yang diperoleh pada siswa kelas IV SDN Tanggul Kulon 01 data diperoleh dari lapangan saat mengamati siswa kelas IV yaitu media pembelajaran tidak selalu digunakan dalam memberikan materi kepada siswa, mengacu pada buku siswa, kemudian siswa diminta untuk bergiliran membaca materi di kelas, guru mengatur suasana agar tugas tetap dilakukan dengan efisien, membimbing siswa satu-persatu ke tempat duduknya masing-masing. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan jenis penelitian eksperimen kuasi atau semu dengan pola penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SDN Tanggul Kulon 01 Jember, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Data dalam penelitian ini berupa hasil pretest posttest siswa materi pelajaran IPAS pada Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji t-test, uji ER (Keefektifan Relatif), Uji Validitas, dan Uji Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji-t menunjukkan hasil thitung sebesar 11,27. Perhitungan tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%. Nilai ttabel dengan derajat kebebasan 41 adalah 0,681. Diketahui bahwa 11,27 > 0,681 atau thitung > ttabel. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan thitung > ttabel maka 11,27 > 0,681 telah memenuhi kriteria. Hipotesis alternatif (H1) diterima, keputusan ini juga didukung dengan perbedaan nilai pretest-posttest pada kelompok eksperimental dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimental memiliki nilai beda pretest posttest 37,14 dan kelompok kontrol 17,52. Masing-masing kelompok memiliki peningkatan terhadap hasil belajar setelah diberi perlakuan. Kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai posttest 19,7 lebih besar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Pada uji keefektifan relative (ER) menunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang lebih efektif 71%. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan media teka-teki silang terhadap hasil belajar IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya pada siswa kelas IV di SDN Tanggul Kulon 01 Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu guru dalam memberikan pertanyaan dan menggunakan media teka-teki silang (tts) harus disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran dan kemampuan siswa.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd. Pembimbing Anggota Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Teka-teki Silangen_US
dc.subjectHasil Belajar IPASen_US
dc.subjectBab 6 Indonesiaku Kaya Budayaen_US
dc.titlePengaruh Media Teka-teki Silang terhadap Hasil Belajar IPAS Bab 6 Indonesiaku Kaya Budaya pada Siswa Kelas IV di SDN Tanggul Kulon 01 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. M. Sulthon, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dyah Ayu Puspitaningrum SE., M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung-14 Juni 2023en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 07en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record