Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Rif’an Fawaid
dc.date.accessioned2013-12-24T01:24:44Z
dc.date.available2013-12-24T01:24:44Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101071
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11748
dc.description.abstractSampai saat ini rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit untuk dipecahkan. Berbagai jalan atau cara telah ditempuh untuk mengatasinya salah satunya perbaikan sarana dan prasarana, diperlukan perangkat pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran di kelas sehingga peningkatan kualitas pendidikan dapat tercapai. Perangkat pembelajaran adalah sekumpulan sumber belajar yang memungkinkan siswa dan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran (Hobri, 2010:31). Dalam penelitian ini peneliti mencoba menggunakan pendekatan kontekstual dan pembelajaran kooperatif tipe TSTS, agar siswa mampu mengkontruksi dan menemukan sendiri materi yang akan dipelajari serta melibatkan siswa secara aktif dan tidak merasa bosan dalam proses pembelajarannya. Hal ini dikarenakan siswa dapat sharing dengan anggota kelompok lain sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika yang sesuai dengan pendekatan kontekstual setting kooperatif tipe TSTS pada persegi panjang dan persegi berupa RPP, LKS, dan THB serta mengetahui kelayakan dan hasil uji coba perangkat pembelajaran tersebut. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memuncullan komponen pada CTL dan tahapan pada pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual setting kooperatif TSTS ini menuntut siswa mengkontruk dan menemukan sendiri materi yang akan dipelajari yang dikaitkan dengan permasalahan ix kontekstual yang dekat dengan siswa. Proses pembelajarannya mengajak siswa untuk berbagi pengetahuan dengan anggota kelompok lain sehingga pembelajaran menjadi aktif dan menyenangkan. Model pengembangan perangkat yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran, yaitu telaah karakteristik siswa, konsep yang akan diajarkan, tugas belajar yang akan diberikan, dan tujuan pembelajaran. Proses pengembangan dilanjutkan dengan merancang draf I perangkat pembelajaran yang dimulai dengan merancang alat evaluasi dan memilih media serta format pembelajaran. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran. Validasi perangkat tersebut dilakukan oleh tiga validator. Berdasarkan hasil penilaian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut draf II yang layak untuk diujicobakan. Ujicoba dilakukan di kelas VII-D SMP Negeri 7 Jember pada tanggal 8, 12, dan 15 April 2013. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya disebut draf III (perangkat final).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101071;
dc.subjectMatematika, tipe Two Stay Two Stray, Persegi Panjang dan Persegien_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SETTING KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record