Pengaruh Daya Tarik dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Berwisata Kembali ke Gunung Ijen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor penunjang ekonomi terbesar di dunia
karena mempunyai pertumbuhan yang sangat pesat dan juga merupakan salah satu
penggerak utama kemajuan sosio ekonomi dengan penerimaan devisa dan juga
terbukanya lapangan pekerjaan. Kabupaten atau kota yang memiliki potensi alam
yang melimpah merupakan daya tarik wisatawan luar negeri maupun domestik
untuk berkunjung. Selain daya tarik wisata, Pengalaman Pelanggan yang baik dan
positif akan mendorong terciptanya sebuah ikatan emosional antara keindahan
wisata yang dapat meningkatkan suatu kesetiaan dan wisatawan akan merasa ingin
mengunjungi kembali tempat wisata yang berarti wisatawan tersebut merasa puas.
Salah satu wisata alam yang berada di Jawa Timur adalah Wisata Gunung Ijen.
Gunung Ijen memiliki daya tarik yang berbeda dibanding dengan wisata alam yang
lainnya khususnya gunung yaitu blue fire yang berada di dalam kawah gunung
tersebut.
Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh daya tarik
dan Pengalaman Pelanggan terhadap kepuasan konsumen dan niat berwisata
kembali pada Gunung Ijen, menguji dan menganalisis kepuasan wisatawan
terhadap niat berwisata kembali ke Gunung Ijen, menguji dan menganalisis peran
mediasi kepuasan konsumen dalam pengaruh daya tarik terhadap niat berwisata
kembali pada Gunung Ijen, , menguji dan menganalisis peran mediasi kepuasan
konsumen dalam Pengalaman Pelanggan terhadap niat berwisata kembali pada
Gunung Ijen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden dengan
menggunakan metode non probability sampling. Data penelitian dikumpulkan
dengan menyebar kuesioner online maupun offline. Metode analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan hasil analisis
menunjukkan bahwa variabel daya tarik wisata dan Pengalaman Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel daya tarik wisata,
Pengalaman Pelanggan dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap
niat berkunjung kembali, variabel kepuasan konsumen memediasi pengaruh Daya
Tarik Wisata dan Pengalaman Pelanggan terhadap niat berkunjung kembali di
Wisata Gunung Ijen.