Show simple item record

dc.contributor.authorAhmad Adi Setiawan
dc.date.accessioned2013-12-24T01:20:55Z
dc.date.available2013-12-24T01:20:55Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM090210101093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11743
dc.description.abstractSetelah uji coba perangkat pembelajaran matematika dilakukan, diberikan angket respon siswa kepada objek uji coba untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching. Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa, diperoleh rata-rata persentase respon siswa yang memberi respon positif terhadap semua aspek pembelajaran matematika yaitu sebesar 98,21%. Dengan demikian pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching sangat perlu untuk diaplikasikan dalam pembelajaran pembelajaran di kelas. Selain itu pada pertemuan ketiga juga dilaksanakan tes hasil belajar dengan alokasi waktu selama 2x40 menit. Soal tes hasil belajar berupa enam soal uraian dengan bobot soal yaitu no.1,4,5, dan 6 masingmasing adalah 15 poin sedangkan untuk no.2 dan 3 masing-masing adalah 20 poin. Berdasarkan analisis data nilai tes hasil belajar yang diperoleh siswa, diperoleh bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 60 sebanyak 37 siswa dari total 42 siswa, hal itu berarti bahwa persentase siswa yang mencapai nilai ≥ 60 adalah sebesar 88,095%. Dengan demikian pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data di atas, maka dihasilkan sebuah perangkat pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching pada pokok bahasan aritmatika sosial yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran tersebut sudah dapat dijadikan sebagai pedoman oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada pokok aritmatika sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101093;
dc.subjectMatematika, Quantum Teaching, Aritmatika Sosialen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER BERBASIS QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record