Show simple item record

dc.contributor.authorNABILA, Nilam Ainun
dc.date.accessioned2023-07-04T22:53:00Z
dc.date.available2023-07-04T22:53:00Z
dc.date.issued2023-01-16
dc.identifier.nim180210204158en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117150
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 5 Juli 2023en_US
dc.description.abstractSalah satu materi yang harus dikuasai peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar adalah bangun datar. Materi bangun datar terdiri dari bangun segitiga, segiempat, segi banyak, dan geometric terms. Pembelajaran matematika pada materi bangun datar dianggap sulit, karena materi ini menuntut peserta didik untuk menggambar memahami bentuk, bangun, dan bagian-bagiannya. Kesulitan peserta didik pada materi terkait visualisasi bangun sejalan dengan teori Van Hiele yang terfokus pada visualisasi bangun, sifat bangun, hubungan antar bangun, dan membuktikannya. Tes merupakan cara untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam suatu materi. Berdasarkan wawancara, penelitian ini difokuskan pada pembuatan soal tes guna mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami bangun dan keterhubungan bangun. Tes terdiri dari 5 seri yang setiap serinya memiliki 25 butir soal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (a) bagaimanakah hasil pengembangan instrumen tes kemampuan geometri berdasar teori Van Hiele pada materi bangun datar Kelas IV?, dan (b) bagaimanakah efektivitas hasil pengembangan instrumen tes kemampuan geometri berdasar teori Van Hiele pada materi bangun datar Kelas IV? Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Data dan sumber data yang digunakan untuk mengembangkan soal terkait materi bangun datar adalah hasil belajar peserta didik sebagai acuan dalam menganalisis kesulitan peserta didik dalam mempelajari materi bangun datar, buku guru kurikulum 2013 Kelas I sampai Kelas IV, buku peserta didik kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas I hingga Kelas IV sebagai acuan batasan materi, dan hasil TIMSS 2015 (Publikasi 2016) sebagai acuan dalam menentukan kemampuan geometri peserta didik Indonesia secara keseluruhan. Pengembangan instrumen tes ini dilakukan dengan cara analisis butir soal secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara kualitatif dilakukan dengan meminta masukan dan saran dari 2 ahli untuk menilai dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif dilakukan dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya pembeda soal. Soal tes yang telah dinyatakan layak diujikan sebanyak 25 soal setiap serinya dilakukan analisis secara kuantitatif. Hasil uji coba terbatas pertama diketahui tidak ada satupun soal yang valid dari kelima seri, pada uji coba terbatas pertama soal dinyatakan reliabel, rata-rata tiap seri memiliki 15 soal dengan tingkat kesukaran sedang, dan rata-rata tiap seri memiliki 15 soal dengan kategori daya pembeda baik. Hasil uji coba terbatas kedua diketahui 25 soal dikategorikan valid dari kelima seri, soal dinyatakan reliabel, rata-rata tiap seri memiliki 20 soal dengan tingkat kesukaran sedang, dan rata-rata tiap seri memiliki 25 soal dengan kategori daya pembeda baik. Hasil uji coba luas diketahui 25 soal dikategorikan valid dari kelima seri, soal dinyatakan reliabel, rata-rata tiap seri memiliki 16 soal dengan tingkat kesukaran sedang, dan rata-rata tiap seri memiliki 25 soal dengan kategori daya pembeda baik. Uji efektivitas instrumen tes dilakukan pada dua sekolah berbeda dengan persentase peserta didik tuntas di atas 70%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan yaitu: (a) bagi guru, dapat dijadikan acuan dalam mengetahui kemampuan geometri peserta didik dan menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan serta mengetahui kesulitan peserta didik, (b) bagi peserta didik, dapat menjadi latihan soal yang dapat meningkatkan kemampuan serta mengetahui kemampuan diri khususnya dalam materi geometri, (c) bagi peneliti, dapat menjadi suatu pelajaran dan bekal untuk mengajar nantinya, dan (d) Bagi peneliti lain, dapat digunakan sebagai referensi untuk mengembangkan penelitian yang sejalan maupun penelitian lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGEOMETRIen_US
dc.subjectTEORI VAN HIELLEen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN INSTRUMEN TESen_US
dc.titlePengembangan Instrumen Tes Kemampuan Geometri Berdasar Teori VAN HIELE pada Materi Bangun Datar Kelas IVen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nuriman P.hden_US
dc.identifier.pembimbing2Ridho Alfarisi, S.Pd., M.Sien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record