• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) Melalui Media Loose Parts di Kelompok B TK ABA 1 Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2022 - 2023

    Thumbnail
    View/Open
    0a67b73d_2023_06_tanggal 27 (5.486Mb)
    Date
    2023-04-05
    Author
    SANDY, Cici Aprili
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan pada anak di era revolusi 4.0, anak tidak cukup hanya menguasai kemampuan dalam berhitung, membaca, menulis, namun seorang pendidik dan orang tua di rumah perlu memberi pemahaman terkait dengan berbagai keterampilan dan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas lainnya. Upaya pembaruan yang dapat dilakukan dalam bidang pendidikan khususnya lingkup lembaga pendidikan anak usia dini yaitu menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam bagaimana penerapan pembelajaran berbasis STEAM melalui Media Loose Parts di kelompok B TK ABA 1 Kaliwates Jember. Subjek penelitian ini yaitu guru kelompok B4 Bumantara, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kelompok B4 Bumantara dengan jumlah 13 anak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data Miles and Huberman. Kredibiltas penelitian menggunakan triangulasi sumber dan teknik serta member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam penerapan pembelajaran berbasis STEAM guru melaksanakan proses pembelajaran antara lain perencanaan yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran yaitu modul ajar yang berisikan curah ide kegiatan, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), curah ide kegiatan dan peta konsep; pelaksanaan yang meliputi menyiapkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), media loose parts, alat dan bahan yang akan digunakan oleh anak; dan evaluasi yang meliputi teknik evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru catatan anekdot, hasil karya, foto berseri. Penerapan pembelajaran berbasis STEAM guru telah melaksanakan proses pembelajaran dengan baik serta ada beberapa hal yang perlu perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117128
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository