Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Flipbook pada Materi Gerak dan Gaya untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektivitas bahan ajar berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.Subyek penelitian sebanyak 25 siswa di kelas VII C SMP 2 Maesan . Desain penelitian adalah One Group Pre-Test dan Post-Test Design. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan yang terdiri dari 1 pertemuan pre-test, 3 pertemuan proses pembelajaran dan 1 pertemuan post-test. Pengambilan data dari kevalidan bahan ajar, nilai tes dan observasi serta angket siswa. Data tersebut dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari Kevalidan bahan ajarnya dinilai oleh tiga validator memiliki rata-rata persentase 90% kategori sangat valid (2) Kepraktisan bahan ajarnya yang dinilai oleh tiga observer memiliki rata-rata persentase 89,5% kategori sangat praktis (3) keefektivitas bahan ajar didapat dari nilai n-gain dengan menujukan sebesar 0,64 kategori sedang dan angket siswa memiliki persentase 81,8% termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahan ajar berbasis flipbook dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pelajaran IPA materi gerak dan gaya.