• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran PBL Disertai LKPD IPA Berbasis Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII

    Thumbnail
    View/Open
    0a67b73d_2023_05_tanggal 26 (5.751Mb)
    Date
    2023-03-29
    Author
    MAULIYA, Annisa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan keefektifan pembelajaran serta keterampilan proses sains yang menggunakan model pembelajaran PBL disertai LKS berbasis multi representasi pada siswa kelas 8 SMP. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar, siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan kesulitan siswa dalam menjawab soal berformat gambar, verbal dan grafik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan post test only control group. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, observasi dan angket respon. Hasil uji normalitas nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,197 dan 0,200 yang berarti nilai tersebut normal. Hasil penerapan modul pembelajaran PBL yang disertai LKS berbasis multirepresentasi diperoleh data berupa skor postes yang diuji dengan independent sample t-test. Hasil independent sample t-test diperoleh nilai 0,00. Hasil analisis keterampilan proses sains menunjukkan kategori sangat baik dengan nilai 78,96. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa respon siswa sangat positif dengan rata-rata nilai 95%. Hasil tes ini menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran, aktif dan tertarik untuk belajar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL yang disertai LKS IPA berbasis multi representasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA di SMP. Model PBL dengan representasi ganda dapat membantu siswa mengatasi tantangan dalam pemecahan masalah melalui proses model PBL, juga ketika menggunakan representasi yang berbeda.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117099
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15334]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository