Show simple item record

dc.contributor.authorAPRILIA, Eka Putri
dc.date.accessioned2023-06-19T22:24:42Z
dc.date.available2023-06-19T22:24:42Z
dc.date.issued2023-04-17
dc.identifier.nim190210102095en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116995
dc.descriptionFinalisasi repositori 20 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran menuntut siswa untuk perperan aktif sejak berlakunya kurikulum 2013. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru dalam melalukan proses pembelajaran. Pengaplikasian materi hukum gravitasi Newton diperlukan visualisasi pembelajaran fisika karena materi hukum gravitasi Newton memuat materi alam jagad raya yang tidak dapat diamati secara langsung sehingga siswa dituntut untuk dapat membayangkan materi tersebut. Adobe Animate CC dapat memvisualisasikan materi dengan penggambaran menggunakan animasianimasinya sehingga cocok digunakan pada materi hukum gravitasi Newton. Tujuan penelitian ini ada dua diambil dari rumusan masalah yang dikaji oleh penulis. Pertama yaitu mengkaji pengaruh signifikan Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Tujuan kedua yaitu mendeskripsikan hasil respon siswa setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design yang dilakukan pada semester genap di SMAN 1 Sine. Desain penelitian ini yaitu One group pretestposttest design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil belajar menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 23 dari data hasil belajar fisika siswa sebelum penerapan media pembelajaran dan setelah penerapan media pembelajaran fisika selesai untuk melihat perbandingan nilai rata-rata hasil belajar dengan media pebelajaran Animate CC dan sebelum menggunakan media. Data respon siswa diperoleh dari nilai angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk respon siswa berupa penilaian angket respon siswa melalui skala linkert dengan lima skala penilaian. DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER ix Hasil penelitian mengenai pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest diperoleh perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Hasil analisis data menggunakan uji paired sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Berdasarkan pada dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima, artinya ada pengaruh signifikan Penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika. Adanya pengaruh signifikan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika karena media Adobe Animate CC dapat membantu siswa dalam memperoleh informasi dari guru dan Adobe Animate CC dapat menjadi salah satu sumber belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat daripada sebelumnya. Hasil penelitian terkait respon siswa setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC menggunakan angket respon di kelas eksperimen. Berdasarkan hasil data diperoleh presentase rata-rata respon sebesar 84,3% dengan kriteria sangat positif. Hasil tersebut membuktikan ketertarikan dan kemudahan siswa dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC. Presentase rata-rata respon dengan kriteria sangat positif didapatkan karena siswa dapat aktif terlibat dalam pembelajaran yang dilakukan dengan bantuan penerapan media pembelajaran Adobe Animate CC sehingga siswa mudah menerima materi yang diajarkan oleh guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa SMAN 1 Sine. Respon siswa SMAN 1 Sine setelah penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC masuk dalam kategori sangat positif. Hasil tersebut membuktikan ketertarikan dan kemudahan siswa dalam menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Alex Harijanto, M.Si Dosen Pembimbing Anggota : Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectADOBE ANIMATE CCen_US
dc.subjectHASIL BELAJAR FISIKAen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN FISIKAen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Alex Harijanto, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Juni_2023_8en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record