• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Air Fuel Ratio (AFR) terhadap Performa Sistem Turbin Gas Ultra Mikro Berbahan Bakar Liquefied Petroleum Gas (LPG)

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.081Mb)
    Date
    2022-07-20
    Author
    SAPUTRA, Bayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Turbin gas merupakan sumber energi listrik dalam suatu industri. Dibandingkan dengan motor diesel, turbin gas lebih cepat dalam instalasi, biaya investasi lebih murah, dan mampu beroperasi dalam keadaan dingin. Turbin gas juga mampu dioperasikan dengan bahan bakar yang bervariasi. Turbin gas dengan kerja sebesar 4 watt sampai 100 watt dapat diklasifikasikan ke dalam turbin gas ultra mikro. Turbin gas ultra mikro berpotensi dikembangkan lagi supaya mampu menghasilkan energi listrik dengan skala kecil. Oleh karena dilakukan penelitian tentang turbin gas ultra mikro untuk mengetahui kerja terbaik dari turbin gas ultra mikro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran udara dan bahan bakar kaya terhadap: (1) kerja kompresor, (2) kerja turbin, (3) back work ratio (4) kerja bersih. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimental dengan 3 variasi pengujian. Hasil yang diperoleh dari pengujian ini menunjukan bahwa nilai kerja turbin gas ultra mikro tertinggi pada nilai air fuel ratio 7,5 kgudara/ kgbahan bakar. Hasil penelitian menunjukan bahwa kenaikan air fuel ratio seiring dengan kenaikan kinerja turbin gas ultra mikro. Pada nilai air fuel ratio 7,5 kgudara/ kgbahan bakar menghasilkan nilai kinerja sebagai berikut: (1) kerja kompresor=63,30 watt, (2) kerja turbin= 871,89 watt, (3) back work ratio=7,26% (4) kerja bersih= 808,60 watt. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu semakin tinggi nilai air fuel ratio maka nilai kerja kompresor, kerja turbin, back work ratio, dan kerja berish juga ikut meningkat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116866
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4346]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository