dc.description.abstract | Agar puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu adanya sistem tata kelola yang baik. Sistem
pengelolaan puskesmas tersebut mencakup pengelolaan terhadap kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun
sumber daya yang digunakan. Masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu serta
dapat menjawab kebutuhan mereka, oleh karena itu upaya peningkatan mutu, manajemen resiko dan keselamatan
pasien juga perlu diterapkan dalam pengelolaan puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang
komprehensif kepada masyarakat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan penilaian akreditasi Tujuan penelitian ini
adalah untuk menggambarkan kesiapan dokumen akreditasi kelompok kerja administrasi dan manajemen di UPT.
Puskesmas Jelbuk Kabupaten Jember.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian di
Puskesmas Jelbuk dari kelengkapan dokumen yang di lakukan dengan menggunakan check list kelengkapan
tersedia 72 dokumen dari 84 dokumen yang diperlukan hasilnya adalah 85,7% sehingga Puskesmas Jelbuk masuk
kriteria penilaian terpenuhi yaitu kelengkapan dokumen >80%. Puskesmas sudah terpenuhi kelengkapan dokumen
yang harus dipersiapkan dalam penilaian akreditasi yang rencananya akan dilakukan bulan Juli 2017. | en_US |