E-Commerce sebagai Media Promosi dalam Peningkatan Daya Saing Produk UMKM MOSS 1 di Kabupaten Jember
Date
2023-06-01Author
LUTHFIYAH, Lenny
YANUARTI, Rizky
IBANAH, Indah
MUTMAINNAH, Laily
HARSANTI, Restiani Sih
Metadata
Show full item recordAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan kelompok wanita Mother School Sumbersari
(MOSS) 1 Sumbersari Jember. Kelompok MOSS 1 kegiatan utamanya adalah keagamaan.
Ibu-ibu diajari mengaji kitab suci Al Qur’an dengan tenaga pengajar dari Kantor Urusan
Agama (KUA) setempat. Selain belajar agama, MOSS 1 juga memiliki kegiatan wirausaha
yang menghasilkan produk makanan dan minuman. Namun, MOSS 1 memiliki
permasalahan promosi dan penjualan produk. Penjualan produk dilakukan secara sederhana
mulai dari penjualan secara langsung, penitipan di toko, maupun promosi sederhana melalui
status WhatsApp (WA). Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini pada tahap
memberikan dampak pada pemahaman akan strategi pemasaran yang berdaya saing melalui
e-commerce. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pelatihan
interaktif. Kegiatan dilakukan dengan diskusi mengenai proses penjualan yang sudah
berjalan. Kemudian edukasi mengenai pemanfaatan e-commerce dengan menggunakan
metode ceramah dan pelatihan pembuatan akun e-commerce . Hasil yang diperoleh dari
pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu adanya pemahaman para peserta terkait
perbedaan pemasaran melalui WA dan e-commerce. Pengabdian lebih lanjut akan dilakukan
dengan adanya manajerial pemasaran digital untuk pengelolaan e-commerce.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]