Show simple item record

dc.contributor.authorWheny Ayu Titis
dc.date.accessioned2013-12-20T13:07:55Z
dc.date.available2013-12-20T13:07:55Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210192130
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11650
dc.description.abstractFisika merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Apakah model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika di SMP . Apakah aktivitas belajar siswa dengan Model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi pada siswa SMP menjadi meningkat. Sesuai dengan rumusan masalah dan latar belakang di atas, maka penelitian ini bertujuan :Untuk mengkaji apakah Penerapan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMP. Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa yang menggunakan model Quantum Teaching disertai metode Demonstrasi di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Balung. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji apakah hasil belajar meningkat, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan SPSS 16 menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Setelah dikonsultasikan pada taraf signifikasi 5% hasilnya 0,000<0,05. Dengan demikian rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas control. Hasil analisis aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi pada KBM 1 persentase aktivitas belajar siswa sebesar 74,33% dan KBM 2 diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 79,33% dan termasuk pada kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar fisika siswa antara menggunakan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Balung tahun ajaran 2011/2012. Dan Aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Balung tahun ajaran 2011/2012 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model Quantum Teaching disertai metode demonstrasi termasuk dalam kategori aktif. Dengan rata-rata aktivitas belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran 1 dan 2 adalah sebesar 72,37% termasuk kategori sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192130;
dc.subjectModel Quantum Teaching, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record