Pengaruh LKS Kolaboratif Pada Model Pembelajaran
View/ Open
Date
2019-12-30Author
SUPENO, Supeno
FITRIYANI, Risma Valentina
MARYANI, Maryani
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) kolaboratif pada model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi gerak parabola. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain berupa pretest and posttest control-group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas X SMAN 5 Jember. Setelah menentukan populasi, peneliti akan memilih 2 sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian pretest dan posttest yang berisi soal-soal essay. Perlakuan pada kelas eksperimen adalah berupa model pembelajaran berbasis masalah yang disertai LKS kolaboratif, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tanpa LKS kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data keterampilan pemecahan masalah adalah menggunakan data pretest dan posttest. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian pretest dan posttest. Rata-rata nilai keterampilan pemecahan masalah pada kelas eksperimen yaitu sebesar 72,22 dan kelas kontrol sebesar 45,46. Peneliti menggunakan uji t yaitu independent sample t-test dan diperoleh hasil Sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,00. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS kolaboratif pada model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan pemecahan masalah fisika siswa SMA. Hasil penelitian ini membawa implikasi bahwa LKS kolaboratif dapat digunakan dalam implementasi pembelajaran berbasis masalah sebagai bentuk bantuan bagi siswa untuk membelajarkan keterampilan pemecahan masalah.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7302]