Show simple item record

dc.contributor.authorINDAH, Indah Ayu Antika
dc.contributor.authorSUPENO, Supeno
dc.contributor.authorWAHYUNI, Dyah
dc.date.accessioned2023-05-19T07:13:59Z
dc.date.available2023-05-19T07:13:59Z
dc.date.issued2022-11-03
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116238
dc.description.abstractScientific reasoning skills merupakan salah satu kemampuan berpikir yang menjadi tuntutan pada abad 21. Kemampuan tersebut diharapkan dapat diajarkan di kelas IPA, sebagai persiapan untuk siswa dalam menghadapi tantangan global. Tujuan penelitian ini yakni mengkaji pengaruh dan peningkatan kemampuan scientific reasoning skills siswa menggunakan problem-based learning disertai LKPD berbasis multirepresentasi. Adapun jenis penelitian ini yaitu eksperimen quasi dengan desain non-equivalent pre-test and post-test control-group. Penelitian dilaksanakan di SMPN 7 Jember pada kelas 7 dengan kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing sejumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan model problem-based learning disertai LKPD berbasis multirepresentasi berpengaruh secara signifikan terhadap scientific reasoning skills siswa. Scientific reasoning skills mengalami peningkatan setelah siswa mengikuti pembelajaran secara aktif.en_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherLENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPAen_US
dc.subjectPROBLEM-BASED LEARNINGen_US
dc.subjectMODELen_US
dc.subjectMULTIREPRESENTASIen_US
dc.titlePengaruh Model Problem-based Learning Disertai Lkpd Berbasis Multirepresentasi Pada Pembelajaran Ipa Terhadap Scientific Reasoning Skills Siswa SMPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record