Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Siti Nur
dc.date.accessioned2023-05-16T08:26:10Z
dc.date.available2023-05-16T08:26:10Z
dc.date.issued2023-03-30
dc.identifier.nim170210302050en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116193
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKebijakan pendidikan masa pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 sangat penting untuk diteliti disebabkan masih minimnya penelitian terkait topik yang dikaji. Kebijakan pendidikan masa pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 hingga sekarang masih ada, dari penerapan kebijakan yang diserap dan diterapkan di bidang pendidikan masa kini. Melalui hasil penelitian berupaya untuk dapat memberikan informasi dan wawasan baru terkait topik kebijakan pendidikan masa pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 yang sangat berguna untuk proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini antara lain: (1) Mengapa pemerintah pendudukan Jepang melakukan perubahan kebijakan pendidikan di Indonesia tahun 1942-19?; (2) bagaimana pelaksanaan kebijakan pendidikan masa 45pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 ?; (3) bagaimana dampak kebijakan pendidikan masa pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengkaji kebijakan pendidikan di Indonesia masa pendudukan Jepang pada tahun 1942-1945, mengkaji pelasanaan kebijakan pendidikan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945; dan mengkaji dampak kebijakan pendidikan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang tahun 1942-1945. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) heuristik, (2) kritik sumber, (3) interpretasi dan (4) penyajian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan antropologi pendidikan serta teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori instruksionalisme simbolik dari Erving Goffman. Simpulan penelitian sebagai berikut: 1) Perubahan kebijakan masa pendudukan Jepang dilakukan Jepang dengan dasar tujuan kemakmuran bersama Asia Timur Raya. Kebijakan pendidikan berubah diubah dengan kebijakan yang baru oleh Jepang dan menghilangkan kebijakan kolonial Belanda. Pemerintah Jepang dengan serius menghapus pengaruh yang ditinggalkan oleh Belanda dengan mengubah disegala aspek kehidupan termasuk di sekolah. Adanya pelarangan penggunaan bahasa Belanda, buku-buku bahasa Belanda dilarang beredar serta simbol-simbol penjajahan sebelumnya dihancurkan. Dengan dihancurkannya pengaruh dari penjajahan sebelumnya dan memasuki era baru yakni masa pendudukan Jepang; 2) Pelaksanaan kebijakan pendidikan masa pendudukan Jepang di Indonesia tahun 1942-1945 dilakukan dengan mewajibkan pemakaian bahasa Jepang dan membuat bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi setelah bahasa Jepang. Pengajaran dimulai dengan dibukanya sekolah-sekolah yang sebelumnya ditutup, pembukaan sekolah dimulai di Jakarta kemudian diwilayah yang lainnya, jenjang pendidikan berubah dengan disederhanakan, adanya pelatihan-pelatihan seperti pelatihan guru dan pelatihan militer di sekolah-sekolah; 3) Dampak dari kebijakan masa pendudukan Jepang di Indonesia mulai dari dampak positifnya dengan berkembangnya bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi setelah Jepang, adanya proses penyempurnaan bahasa Indonesia serta tiadanya diskriminasi kelas sosial di bidang pendidikan. Jenjang pendidikan yang diseragamkan digunakan hingga sekarang. Dampak negatif dari kebijakan pendidikan masa pendudukan Jepang adalah turunnya jumlah murid dan sekolah serta guru disebabkan tidak semua sekolah dibuka, serta adanya pengaturan baru terkait bahasa yang digunakan sehingga guru harus dilatih kembali dengan pelatihan bahasa Jepang. Pemerintah Jepang lebih mengutamakan militernya sehingga pendidikan masa ini menurun. Saran dapat melanjutkan topik penelitian dengan berbagai sumber yang lebih banyak dan bervariasi, bagi ilmu pengetahuan untuk dapat menambah wawasan terkait topik penelitian.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Nurul Umamah, M.Pd Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMASA PENDUDUKAN JEPANGen_US
dc.subjectKEBIJAKAN PENDIDIKANen_US
dc.titleKebijakan Pendidikan Masa Pendudukan Jepang di Indonesia Tahun 1942-1945en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.identifier.validatorkacung-11-Mei-2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record