Show simple item record

dc.contributor.authorHABIBAH, Ludfiahtul
dc.date.accessioned2023-05-11T06:34:27Z
dc.date.available2023-05-11T06:34:27Z
dc.date.issued2023-01-27
dc.identifier.nim180210103006en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116090
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKarakteristik siswa yang tinggal di lingkungan sekolah dekat perkebunan kopi memiliki kemandirian belajar rendah, sehingga perlu adanya kemandirian belajar dibimbing oleh guru agar dapat menumbuhkan sikap ilmiah pada siswa. Model pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving merupakan kombinasi antara dua pendekatan pembelajaran, yaitu pembelajaran kerja sama dan pembelajaran berbasis masalah. Kedua model pembelajaran ini memungkinkan untuk menciptakan lingkungan belajar kolaboratif.. Lingkungan belajar yang mendukung siswa untuk berkolaborasi secara natural dan efektif sangat penting karena dapat mengembangkan pengetahuan melalui pengalamannya sendiri. Berpikir kritis termasuk dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi yang memiliki potensi untuk meningkatkan daya analitis kritis siswa. Ketika siswa memiliki keterampilan berpikir kritis, siswa akan melakukan kegiatan pengambilan keputusan, perencanaan strategis, proses ilmiah, dan pemecahan masalah. Adanya kemampuan pemecahan masalah juga akan berpengaruh dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penguasaan konsep dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menguasai ide atau gagasan terhadap suatu benda, kejadian ataupun situasi tertentu yang dapat digenerelasisikan karena adanya sejumlah pengalaman yang relevan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Prof. Dr. Suratno, M. Si. Dosen Pembimbing anggota : Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProblem Solvingen_US
dc.subjectCollaborative Learningen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kritisen_US
dc.subjectPenguasaan Konsepen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning dipadu Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa SMA di Daerah Perkebunan Kopien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Suratno, M. Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Mochammad Iqbal, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorratna_13 Februari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record