Show simple item record

dc.contributor.authorILMA, Putri Nafidatul
dc.date.accessioned2023-05-11T06:29:20Z
dc.date.available2023-05-11T06:29:20Z
dc.date.issued2022-09-22
dc.identifier.nim180210205064en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116086
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractEfektivitas proses pembelajaran memiliki posisi yang utama. Guru dalam proses belajar dituntut untuk dapat membangun interaksi dengan peserta didik guna mempermudah tercapainya pesan ajar. Pembelajaran yang efektif dapat dibangun dengan baik oleh pendidik namun di TK/RA yang berada di desa kandangan kecamatan pesanggaran, peneliti menemukan proses pembelajaran terlihat tidak efektif dikarenakan peserta didik tidak mendengarkan instruksi guru dengan baik tetapi lebih banyak berbincang dengan teman sebangkunya, pesan yang disampaikan oleh pendidik melalui kegiatan bercerita juga tidak dapat diterima dengan baik oleh peserta didik hal tersebut terlihat saat peserta didik merasa kesulitan dalam menjelaskan kembali pesan yang disampaikan oleh pendidik, serta perintah yang diberikan oleh pendidik kepada peserta didik tidak dapat diterima dengan baik sehingga kondisi kelas yang ramai akan tetap ramai walaupun pendidik sudah memberikan intruksi untuk diam, tidak terjalinnya sebuah interaksi yang baik dengan peserta didik seperti guru setelah selesai memberikan materi atau sebuah pesan pembelajaran pendidik tidak memberikan kesempatan anak didik memberikan respon mereka terhadap apa yang sudah pendidik sampaikan, cara penyampaian guru yang terlihat kurang komunikatif, komunikasi yang cenderung hanya satu arah sehingga terlihat hanya guru yang lebih aktif dan komunikasi yang dilakukan guru kepada para anak tidak memiliki dorongan yang kuat untuk membawa peserta didik mendengarkan penjelasan serta arahan dari guru. Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah terdapat hubungan antara gaya komunikasi guru dengan efektivitas proses pembelajaran di lembaga TK/RA Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi?. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui ada atau tidakny hubungan antara gaya komunikasi guru dengan efektivitas proses pembelajaran di TK/RA Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitian ini adalah guru TK/RA di Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi dengan jumlah 18 orang responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian studi korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Adapun teknik analisis dalam penelitian ini adalah korelasi Spearman Rank Test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil analisis korelasi Spearman Rank Test dengan nilai Sig.2-tailed sebesar 0,042 yang berarti H1 diterima atau menunjukkan adanya hubungan antara gaya komunikasi guru dengan efektivitas proses pembelajaran di lembaga TK/RA desa Kandangan. Saran yang dapat diberikan yaitu Kepada pendidik hendaknya lebih memperbaiki komunikasi kepada peserta didik sehingga akan menciptakan kondisi kelas yang nyaman, interaktif dan juga dapat menciptakan efektivitas dalam proses pembelajaran yang lebih maksimal. Bagi kepala sekolah mendukung pendidik untuk dapat membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik, sehingga dapat menciptakan kondisi lingkungan yang baik. Bagi peneliti lain. diharapkan dapat meneliti dan menambahkan aspek serta faktor lain mengenai efektivitas proses pembelajaran yang dapat dipengaruhi oleh gaya komunikasi guru.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing 1 : Luh Putu Indah Budyawati, S. Pd., M.Pd Pembimbing II : Laily Nur Aisiyah, S. Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKOMUNIKASI GURUen_US
dc.subjectEFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARANen_US
dc.subjectHUBUNGANen_US
dc.titleHubungan Antara Gaya Komunikasi Guru dengan Efektivitas Proses Pembelajaran di TK/RA Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-10 Februari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record