Show simple item record

dc.contributor.authorARISMAWATI, Ana
dc.date.accessioned2023-05-11T06:28:07Z
dc.date.available2023-05-11T06:28:07Z
dc.date.issued2023-01-05
dc.identifier.nim180210205058en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116085
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan kognitif anak usia dini merupakan kemampuan cara berfikir anak usia dini dalam memahami lingkungan sekitar sehingga pengetahuan yang ada di sekitarnya membuat mereka dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang dirinya sendiri, orang lain, hewan dan tumbuhan, serta berbagai benda. Artinya dengan kemampuan berfikir ini anak dapat mengeksplorasikan memahami lingkungan sekitar sehingga pengetahuan anak bertambah. Bagi anak usia dini, proses pembelajaran yang ada di Taman Kanak-kanak padaumumnya dilakukan pertemuan secara langsung (Dewi, et al., 2021). Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya di bidang pendidikan. Hal ini menuntut seluruh elemen pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan pembelajaran yang telah tertinggal akibat pandemi ini. Dari observasi awal yang dilaksanakan peneliti pada awal semester ganjil tahun 2021 di TK Muslimat NU 51 Tamansari terdapat beberapa anak yang mengalami keterlambatan perkembangan kognitif terutama dibidang berfikir simbolik anak. Hasil wawancara yang dilakukan di TK Muslimat NU 51 Tamansari Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember diketahui bahwa pandemi covid-19 juga berdampak pada sistem pembelajaran di TK Muslimat NU 51 Tamansari. Anak-anak TK belajar dari rumah dengan sistem online yaitu melalui whatsapp group. Oleh karena itu penneliti ingin menguji sejauh mana pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring pada perkembangan kognitif anak dengan judul “Pengaruh Keikutsertaan Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan”Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto. Pengambilan data dilakukan pada semester genap 2021/2022 menggunakan metode angket dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah seluruh wali murid anak yang usia 5-6 tahun di lembaga TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan yang berjumlah 25 orang. Analisis data ini menggunakan program SPSS 16 dalam penelitian ini dilakukan dengan 2 cara yaitu membandingkan jika nilai x2 hitung ≤ x2 tabel maka H0 diterima dan jika x2 hitung > x2 tabel maka H0 ditolak. Dan jika sig. ≥ 0,05 maka H0 diterima dan jika sig. < 0,05 maka H0 ditolak. Dari hasil pengambilan data dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring terhadap perkembangan kognitif anak usia 5- 6 tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data uji chi-square, diperoleh nilai output SPSS chi-square di atas, diketahui perolehan nilai signifikan 0,075 ≥ 0,05 maka H0 diterima. maka dapat disimpulkan H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian maka dapat diartikan tidak terdapat pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring terhadap perkembangan kognitif anak di TK Muslimat NU 51 Tamansari kecamatan Wuluhan kabupaten Jember tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini disebabkan dari beberapa hal diantaranya yaitu pembelajaran yang hanya menggunakan whatsaap group dalam menyampaikan penugasan kepada hanya melalui voice note dan pesan teks saja tanpa adanya penjelasan dari LKA tersebut, kurangnya peran orangtua dalam menjadai fasilitator, komunikator, pengganti guru dirumah, orangtua tidak peduli / tidak menyampaikan tugas kepada anankya dengan baik dan benar serta acuh terhadap tugas yang diberikan guru, orangtua tidak telaten mendampingi anak dalam belajar sehingga orangtua yang menyelesaikan tugas anak, beberapa orangtua memiliki keterbatasan tentang fasiltas teknologi seperti tidak mempunyai handphone dan beberapa orangtua terkendala kuota/ signal sehingga mempersulit anak untuk menerima informasi. Adapun kelemahan dari hasil penelitian ini dengan data yang diperoleh yaitu: 1) yang mengisi angket kebanyakan adalah pengasuh pendampingnya, 2) orang tua yang mengisi angket tidak mengisi secara sesungguhnyaen_US
dc.description.sponsorshipPembimbing I : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd Pembimbing II : Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN DARINGen_US
dc.subjectPERKEMBANGAN KOGNITIFen_US
dc.subjectANAK USIA 5-6 TAHUNen_US
dc.titlePengaruh Keikutsertaan Pembelajaran Daring terhdap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-10 Februari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record