Show simple item record

dc.contributor.authorWAHYUNI, Sri
dc.date.accessioned2023-05-10T02:35:23Z
dc.date.available2023-05-10T02:35:23Z
dc.date.issued2015-10-01
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116005
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mengembangkan petunjuk praktikum IPA yang valid dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Indikator kemampuan berpikir kritis siswa mencakup interprestasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan metode Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Validasi ahli dilakukan dengan uji expert terkait dengan format, isi/materi, dan bahasa, sedangkan uji coba produk diberikan kepada 35 siswa di salah satu SMP di Jember. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi, lembar validasi, lembar observasi, pretest dan posttest. Hasil tes maupun praktikum menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata rata Ngain 0,5 dengan interpretasi sedang. Pengembangan petunjuk praktikum IPA yang dikembangkan dalam kategori layak sehingga cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritissiswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pengajaran MIPAen_US
dc.subjectPETUNJUK PRAKTIKUMen_US
dc.subjectILMU PENGETAHUAN ALAMen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.titlePengembangan Petunjuk Praktikum IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record