Show simple item record

dc.contributor.authorKHASANAH, Uswatun
dc.contributor.authorBUDIARSO, Aris Singgih
dc.contributor.authorWAHYUNI, Sri
dc.date.accessioned2023-05-09T08:00:47Z
dc.date.available2023-05-09T08:00:47Z
dc.date.issued2021-08-01
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115985
dc.description.abstractPengembangan video pembelajaran dalam penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang valid dan mendeskripsikan kepraktisan dan keefektifan video pembelajaran yang dikembangkan. Desain penelitian pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Video pembelajaran yang telah dikembangkan diuji kelayakan produk oleh validator ahli dan pengguna. Hasil validasi video pembelajaran dikategorikan valid dengan persentase tingkat validitas mencapai 92%. Hasil kepraktisan pembelajaran menunjukkan pelaksanaannya sangat baik dengan nilai persentase 92%. Hasil keefektifan video pembelajaran menunjukkan kriteria sedang dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,45. Berdasarkan hasil uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan video pembelajaran yang dikembangkan, validitas video pembelajaran dikategorikan valid, sedangkan kepraktisan pembelajaran dilaksanakan dengan sangat baik dan keefektifan pembelajaran yang digunakan dikategorikan sedang. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi sumber belajar siswa di SMP.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJournal Education Research and Developmenten_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.subjectVIDEO PEMBEen_US
dc.subjectVALIDITASen_US
dc.titlePengembangan Video Pembelajaran Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA SMPen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.prodiFakultas Keguruan Ilmu Pendidikanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record